Ini adalah suatu kondisi dimana terjadi kerusakan pada katup jantung yang bisa berupa penyempitan atau kebocoran,"
Jakarta (ANTARA News) - Salah satu pemicu kelainan pada jantung adalah jantung rematik atau yang juga dikenal dengan sebutan Rheumatic Heart Disease (RHD), kata ahli kardiologi dari Rumah Sakit Eka Hospital, Dr. Sukman Purba, Sp.A (K).

"Ini adalah suatu kondisi dimana terjadi kerusakan pada katup jantung yang bisa berupa penyempitan atau kebocoran," kata Sukman di Jakarta, Rabu.

Sukman menjelaskan bahwa rematik yang menyerang jantung ini disebabkan oleh demam rematik. Demam rematik adalah peradangan yang timbul akibat infeksi pada tenggorokan (faringitis) yang tidak diobati atau tidak ditangani dengan baik.

"Penyakit ini umumnya terjadi pada anak usia 5 sampai 15 tahun. Karena kondisi tubuhnya masih belum stabil," jelas Sukman.

Lebih lanjut Sukman mengatakan bahwa infeksi tenggorokan ini seringkali terjadi akibat bakteri streptokokus. Akibat kondisi tubuh yang belum stabil, maka reaksi imun pada anak tidak hanya menyerang bakteri namun juga menyerang tubuh.

"Bakteri ini pun masuk ke dalam saluran pembuluh darah sehingga dengan mudah menyerang katup jantung," kata Sukman.

Sukman mengemukakan gejala yang muncul bentuknya akan berbeda pada tiap anak, sehingga sulit untuk mendeteksi penyakit ini. "Cegah penyakit ini dengan memberikan penanganan yang tepat pada anak yang mengalami radang tenggorokan sehingga tidak menimbulkan demam rematik," imbuh Sukman.
(M048)

Pewarta: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013