Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa politik terjadi di Indonesia, Minggu (11/6), mulai dari Komnas HAM mendeklarasikan Pemilu 2024 ramah HAM hingga Sekretaris Jenderal Partai Demokrat bertemu Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan untuk membahas rencana pertemuan Puan Maharani dan Agus Harimurti Yudhoyono.

Berikut ini lima berita politik menarik pilihan ANTARA.

1. Komnas HAM deklarasikan Pemilu 2024 ramah HAM

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) mendeklarasikan Pilkada dan Pemilu 2024 Ramah HAM untuk memastikan setiap warga negara bisa mendapatkan haknya untuk memberikan suara.

"Khususnya dalam deklarasi hari ini, Komnas HAM ingin memberikan perhatian lebih kepada kelompok marginal rentan," kata Ketua Komnas HAM Atnike Nova Sigiro di Kantor Komnas HAM, Jakarta, Minggu.

Selengkapnya baca di sini.

2. Mahfud MD persilakan Jusuf Hamka tagih utang pemerintah ke Kemenkeu

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD mempersilakan pengusaha Jusuf Hamka untuk menagih utang pemerintah atas perusahaannya secara langsung ke Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

"Silakan Pak Jusuf Hamka langsung ke Kementerian Keuangan, nanti kalau perlu bantuan teknis saya bisa bantu, misalnya dengan memo-memo atau surat-surat yang diperlukan, kalau Bapak memerlukan itu," kata Mahfud dalam keterangan pers yang disiarkan melalui kanal YouTube resmi Kemenkopolhukam RI, Minggu.

Selengkapnya baca di sini.

3. Sekjen Demokrat dan PDIP bertemu membahas rencana pertemuan Puan-AHY

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Demokrat Teuku Riefky Harsya bertemu Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto untuk membahas rencana pertemuan Puan Maharani dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

"Kami sangat antusias membicarakan rencana pertemuan Mbak Puan dan Mas AHY, namun kami tetap menjaga etika politik dan saling menghormati posisi saat ini, masing-masing partai terkait kontestasi Pemilihan Presiden 2024," kata Teuku Riefky dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu.

Selengkapnya baca di sini.

4. PPP resmikan Sandiaga Uno sebagai kader pada Rabu

Pelaksana Tugas Ketua Umum (Plt) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Muhamad Mardiono mengatakan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno akan diresmikan sebagai kader PPP pada Rabu pekan depan (14/6).

"Insya Allah nanti dalam minggu depan kalau enggak salah hari Rabu ya. Hari Rabu itu nanti Insya Allah secara resmi ini akan kita lakukan penandatanganan, atas komitmen Pak Sandi berjuang bersama PPP," kata Mardiono di Jakarta, Minggu.

Selengkapnya baca di sini.

5. LSN: Prabowo raih elektabilitas tertinggi sebesar 25,1 persen

Lembaga Survei Nasional (LSN) menyampaikan hasil survei selama periode 24 Mei hingga 3 Juni yang menunjukkan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto meraih elektabilitas tertinggi sebanyak 25,1 persen berdasarkan simulasi pertanyaan terbuka atau top of mind.

"Nama Prabowo Subianto paling banyak disebut publik yaitu sekitar 25,1 persen responden. Hal ini mengindikasikan bahwa sebagai calon presiden Prabowo telah menjadi top of mind publik," kata Direktur Eksekutif LSN Gema Nusantara Bakry dalam siaran daring melalui kanal Youtube Garuda TV, dipantau di Jakarta, Minggu.

Selengkapnya baca di sini.
 

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2023