Denpasar (ANTARA) - Klub sepak bola Bali United mewakili Indonesia pada babak kualifikasi Liga Champions Asia 2023 yang dijadwalkan pada 8 Agustus.

“Jadi saat ini kami memakai bendera Indonesia,” kata Pelatih Kepala Bali United Stefano Cugurra melalui laman resmi di Denpasar, Senin.

Klub dengan julukan Serdadu Tridatu itu melenggang ke kasta utama di tingkat Asia itu setelah menundukkan juara Liga 1 Indonesia 2022 PSM Makassar pada babak play off yang berlangsung di Gianyar, Bali, Selasa (6/6) dan Parepare, Sulawesi Selatan, Sabtu (10/6).

Di Gianyar, Bali United bermain imbang 1-1 dan di Parepare, klub kebanggaan masyarakat Bali itu menang melalui adu penalti 4-5.

Baca juga: Bali United perkuat latihan penalti untuk hadapi PSM
Baca juga: Bali United ditahan imbang 1-1 PSM Makassar


Anak asuhan pelatih yang karib disapa Coach Teco itu dijadwalkan menghadapi klub dari Liga Hong Kong, Lee Man FC, dan Jepang, Urawa Reds, pada kualifikasi Liga Champions Asia.

Manajemen Bali United memperkirakan jadwal kualifikasi akan berlangsung di luar Indonesia yakni di Hong Kong dan di Jepang.

Apabila tim yang menjuarai Liga 1 Indonesia pada 2019 dan 2021 itu sukses mengalahkan dua tim tersebut, maka Bali United akan masuk fase grup kompetisi teratas klub di kawasan Asia itu.

Sedangkan PSM Makassar yang kalah melawan Bali United, berjuang di babak kualifikasi Piala AFC 2023.

Untuk itu, Coach Teco mengajak semua pihak termasuk suporter untuk mendukung tim tersebut yang berjuang membawa nama Indonesia.

“Saat ini kita harus dukung PSM bisa sukses di AFC dan juga kami didukung agar sukses di Liga Champions. Sekarang bukan lagi Bali United atau PSM karena sebenarnya kami ini saudara dan teman,” katanya.

Nantinya, jika Bali United menang pada babak kualifikasi Liga Champions Asia, maka langsung melangkah menuju fase grup pada kompetisi klub elit Asia itu.

Namun jika Bali United kalah, maka tim itu otomatis masuk fase grup Piala AFC 2023.

Baca juga: Legenda timnas Argentina jajal lapangan latihan Bali United

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Roy Rosa Bachtiar
Copyright © ANTARA 2023