Kiev (ANTARA) - Komandan militer tertinggi Ukraina mengatakan pada Senin bahwa pasukannya terlibat dalam pertempuran sengit di garis depan, dimana kementerian pertahanan mengatakan sejumlah desa dibebaskan dari pendudukan Rusia dalam fase awal serangan balik.

Sebanyak 25 pertempuran terjadi selama beberapa hari dekat kota timur Bakhmut, dan selatan dekat Avdiivka dan Maryinka, seluruh wilayah Donetsk, juga dekat wilayah Bilohorivka dan Luhansk, menurut keterangan staf umum angkatan bersenjata Ukraina.

Wakil Menteri Pertahanan Ukraina Hanna Maliar mengunggah foto pada Senin yang menunjukkan tentara mengibarkan bendera Ukraina di lokasi yang ia sebut desa Storozheve di Donetsk, dan berterima kasih kepada Brigade Marinir Khas ke-35 untuk membebaskan desa itu.

Reuters tidak dapat melakukan verifikasi atas laporan itu dan tidak jelas kapan desa tersebut direbut kembali.

Pada Minggu, Ukraina mengatakan pasukannya telah mengalami kemajuan di tiga desa di Donetsk yaitu Blahodatne, Neskuchne dan Makarivka. Storozheve berlokasi antara Blahodatne dan Neskuchne.

Belum ada komentar dari para pejabat Rusia.

Beberapa blogger militer terkemuka Rusia menyatakan bahwa saat pasukan Ukraina merebut kembali Blahodatne dan Neskuchne, pertempuran untuk Makarivka sedang berlangsung.

Kedua pihak mengatakan pasukan mereka telah menimbulkan kerugian personel dan peralatan berat pada musuh mereka selama seminggu terakhir, ketika serangan balik Ukraina mulai terjadi.

Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan pada Jumat bahwa Ukraina gagal menembus pertahanan Rusia, sementara menteri pertahanan Rusia mengatakan pihaknya telah menghancurkan beberapa tank tempur Leopard dan senjata lain yang Ukraina terima dari Barat.

Sementara sebagian besar tidak berkomentar mengenai serangan balik beberapa minggu belakangan, militer Ukraina melaporkan kesuksesan pertempuran setiap hari.

"Selama seminggu terakhir di arah Bakhmut, penyusup Rusia mengalami kekalahan signifikan," kata staf umum pada Senin.

Gubernur Donetsk di Ukraina mengatakan satu warga sipil tewas dan dua lainnya terluka oleh serangan Rusia di wilayah Avdiivka pada Minggu.

Sementara Menteri Pertahanan Ukraina Oleksii Reznikov mengatakan bahwa Kiev ingin membahas detil "koalisi pesawat tempur" dengan sekutunya pada pertemuan Grup Kontak Pertahanan Ukraina berikutnya di Brussels pada 15 Juni.

Zelenskyy telah lama memohon agar Ukraina mendapat pasokan jet tempur buatan Amerika Serikat F-16, dan agar pilot Ukraina dilatih.

"Pada tahap ini, kami membahas mengenai pelatihan para pilot...dan teknisi serta insinyur kami," demikian menurut Pusat Media Militer Ukraina mengutip Reznikov.

Sumber: Reuters
Baca juga: Rusia dan Ukraina bertukar hampir sebanyak 200 tahanan
Baca juga: Ukraina: Rusia ledakkan bendungan Kakhovka untuk cegah serangan
Baca juga: Zelenskyy: Serangan balasan Ukraina sedang berlangsung

 

Penerjemah: Yoanita Hastryka Djohan
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2023