Ambon (ANTARA) - Pemerintah Kota Ambon, Provinsi Maluku melepas sebanyak 314 jamaah calon haji (JCH) dan lima orang petugas haji yang bergabung dalam kelompok terbang (Kloter) 33 Makassar untuk menuju Tanah Suci.

Kegiatan pelepasan dilaksanakan Penjabat Wali Kota Ambon Bodewin Wattimena bersama Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Ambon, H.R Hassannusi di gedung Ashari Kota Ambon, Senin.

Penjabat Wali Kota Ambon mengingatkan jamaah untuk makan teratur dan istirahat cukup serta senantiasa menerapkan pola hidup bersih dan sehat agar badan tetap sehat dan bugar saat melaksanakan rangkaian ibadah haji.

Selain itu juga mengimbau anggota jamaah asal Kota Ambon saling menjaga dan tolong menolong selama beribadah di Tanah Suci.

"Saya harapkan agar jamaah calon haji Kota Ambon dapat menjadi panutan dan teladan yang baik di antara sesama jamaah dengan mengutamakan semangat ukhuwah Islamiah, mempererat tali persaudaraan, saling peduli sesama," katanya.

Ia juga berharap selama beribadah di Tanah Suci jamaah calon haji juga berdoa untuk kebaikan Ambon, ibu kota Provinsi Maluku.

"Saya menitipkan kepada jamaah calon haji Kota Ambon, di Tanah Suci nanti agar selain berdoa untuk diri dan keluarga juga kami titip berdoa untuk Kota Ambon yang kita cintai, agar dijauhkan dari bencana dan berbagai masalah," katanya.

Bodewin menyatakan, Pemkot Ambon ke depan akan menambah jumlah pendamping yakni tim dokter, perawat dan pendamping dari Kantor Agama Kota Ambon.

"Tahun depan kita akan mengalokasikan anggaran tambahan di APBD untuk penambahan tim dokter, perawat dan pendamping , agar jamaah merasa aman ditangani pendamping," katanya.

Kepala Kantor Agama Kota Ambon R.A.F. Hasanussi menyatakan bahwa jamaah calon haji Kota Ambon terdiri atas 314 orang, 115 pria dan 199 wanita.

Jamaah calon haji Kota Ambon meliputi 235 orang dari Kecamatan Sirimau, 26 orang dari Kecamatan Nusaniwe, 39 orang dari Kecamatan Baguala, dan 14 orang dari Kecamatan Teluk Ambon.

Baca juga: Seorang jamaah haji asal Kalteng meninggal di Madinah
Baca juga: Petugas haji harus pastikan jamaah lansia minum obat secara teratur
Baca juga: Pesan gubernur: Calon haji Gorontalo mesti jalani ibadah penuh ikhlas

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023