Rejang Lebong, Bengkulu (ANTARA) - Bupati Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu Syamsul Effendi meminta 226 calon haji daerah itu yang akan menunaikan ibadah haji 1444 Hijriah dapat menjaga kesehatan sehingga nantinya bisa menjalankan semua rukun haji.

"Saya minta jamaah calon haji Kabupaten Rejang Lebong agar dapat menjaga kesehatan dengan istirahat yang cukup baik fisik maupun mental sehingga bisa beradaptasi dengan cuaca di sana," kata dia saat melepas keberangkatan 226 calon haji asal daerah itu di halaman Masjid Agung Baitul Makmur Rejang Lebong, Senin.

Selain meminta para jamaah menjaga kesehatan, dirinya juga meminta agar mereka dapat fokus dalam menjalankan ibadah haji sehingga nantinya bisa menjadi haji yang mabrur dan mabrurah.

"Jamaah haji Kabupaten Rejang Lebong juga harus saling bahu-membahu satu sama lain dan jangan membawa sikap yang kurang baik saat di sana, jaga nama baik daerah dan Indonesia," terangnya.



Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Rejang Lebong Lukman menjelaskan kuota haji yang diterima daerah itu pada 1444 Hijriah/2023 sebanyak 227 orang, namun dari jumlah ada satu orang yang mutasi ke daerah lain.

"Satu orang calon haji yang melakukan mutasi keberangkatan daerah lain yakni ke embarkasi Batam atas nama Rezki Andriani," ujarnya.

Ia mengatakan dari 226 calon haji asal Kabupaten Rejang Lebong ini berasal dari 15 kecamatan terdiri dari 97 orang laki-laki dan 130 orang perempuan.

Sementara itu untuk jamaah calon haji (JCH) tertua dari Kabupaten Rejang Lebong atas nama Marsinah Amat Karso berumur 93 tahun asal Kecamatan Curup Kota, dan JCH termuda atas nama Riza Diantara berumur 29 tahun asal Kecamatan Sindang Kelingi.

Kalangan calon haji asal daerah itu, tambah dia, tergabung di kelompok terbang (kloter) 9 Embarkasi Padang, Sumatera Barat. Sedangkan untuk tingkat Provinsi Bengkulu JCH Rejang Lebong tergabung di kloter 3.

JCH Kabupaten Rejang Lebong ini setelah diberangkatkan dari Rejang Lebong menuju Embarkasi Antara Bengkulu pada 12 Juni, selanjutnya pada Selasa (13/6) pagi akan berangkat ke Embarkasi Padang dan selanjutnya berangkat ke Jeddah, Arab Saudi.

Baca juga: 314 calon haji Ambon dilepas ke Tanah suci
Baca juga: Seorang jamaah haji asal Kalteng meninggal di Madinah
Baca juga: Petugas haji harus pastikan jamaah lansia minum obat secara teratur

Pewarta: Nur Muhamad
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023