Alhamdulillah. Ini juga berkat usulan dan doa dari warga di Tanjungpinang.
Tanjungpinang (ANTARA) - Bandara Raja Haji Fisabilillah di Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), kembali membuka rute penerbangan Tanjungpinang - Pekanbaru, Provinsi Riau, mulai 7 Juli 2023.

"Alhamdulillah. Ini juga berkat usulan dan doa dari warga di Tanjungpinang," kata General Manager Bandara RHF Tanjungpinang, Muhammad Faisal, Senin.

Ia menyebut penambahan rute penerbangan baru tersebut diharapkan dapat mendongkrak sektor ekonomi dan pariwisata kedua wilayah, Kepri dan Riau.

Baca juga: Rute penerbangan Melak-Balikpapan diharapkan dibuka Juni

Kata dia, Bandara RHF pernah melayani rute penerbangan Tanjungpinang - Pekanbaru . Namun, dalam beberapa tahun terakhir terhenti, terlebih akibat pandemi COVID-19.

"Semoga, ini dapat memperlancar arus lalu lintas penumpang udara dari Tanjungpinang ke Pekanbaru, atau sebaliknya," ujar Muhammad Faisal.

Faisal menyampaikan bahwa PT. Angkasa Pura II selak pengelola Bandara RHF Tanjungpinang, akan terus berupaya menambah rute penerbangan dari dan ke pusat ibu kota Provinsi Kepri tersebut.

"Warga juga mengusulkan penambahan rute penerbangan ke Padang dan Surabaya. Prinsipnya, semua kami tampung sambil berupaya merealisasikannya," ucap Faisal.

Baca juga: AirNav gandeng Boeing tingkatkan layanan navigasi penerbangan

Sementara itu, jadwal penerbangan Tanjungpinang - Pekanbaru di Bandara RHF dilakukan tiga kali dalam seminggu, yaitu Selasa, Kamis, dan Sabtu menggunakan maskapai Wings Air dengan sistem penerbangan langsung tanpa transit.

Station Manager Lion Group Tanjungpinang, Handoko Dwi Prasetio menyatakan, harga tiket pesawat Tanjungpinang - Pekanbaru berkisar antara Rp900 ribu hingga Rp1,7 juta per orang.

"Alasan kenapa dibuka lagi rute penerbangan ini, karena banyak warga Tanjungpinang terbang ke Pekanbaru harus menyeberang dulu ke Batam. Makanya, lebih mudah kalau kami buat rute langsung dari Tanjungpinang," ucap Handoko.

Pewarta: Ogen
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023