Samarinda (ANTARA) - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas menyatakan salut terhadap perkembangan pembangunan infrastruktur di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan Ibu Kota Nusantara (KIPP IKN).

"Perkembangan pembangunan IKN saya nilai luar biasa. Inilah yang dikehendaki Bapak Presiden Joko Widodo, sehingga tahun depan bisa pindah ke sini (Nusantara)," ujar Azwar melalui rilis yang disampaikan Tim Komunikasi Otorita IKN di Samarinda, Senin.

Menteri PANRB optimistis pembangunan infrastruktur di IKN dapat selesai tepat waktu, sehingga sebanyak 16.990 personil aparat sipil negara (ASN) dan pertahanan keamanan pun telah dipersiapkan untuk bekerja dan tinggal di IKN pada tahap awal, yakni tahun 2024.

"Arahan Bapak Presiden RI adalah agar teman-teman ASN segera menyiapkan diri untuk pindah. Kemudian sistem digital dalam layanan birokrasi di IKN pun menjadi prioritas presiden," katanya.

Sebelumnya, Sabtu (10/6), Menteri PANRB meninjau secara langsung perkembangan pembangunan di IKN, sehingga ia mengapresiasi perkembangan pembangunan infrastruktur IKN yang sangat pesat tersebut.

Dalam kunjungan itu menteri didampingi Deputi Bidang Pengendalian Pembangunan Otorita IKN Thomas Umbu Pati yang sekaligus memberikan penjelasan terkait pembangunan IKN hingga rencana pembangunan ke depan.

"Tidak hanya kantor dan hunian, di IKN juga akan dibangun fasilitas pendidikan, rumah sakit, pusat hiburan, sarana olahraga dan fasilitas pendukung lainnya dengan konsep green, smart, inclusive, resilient dan sustainable, sehingga menjadikan IKN sebagai kota yang livable and lovable," kata Thomas.
 

Pewarta: M.Ghofar
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2023