Saat ini pengelolaan Pantai Karangsari dilaksanakan pihak swasta, dan kontraknya akan berakhir pada Maret 2013,"
Pandeglang (ANTARA News) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, akan melaksanakan lelang pengelolaan Pantai Karangsari di Kecamatan Carita.

"Saat ini pengelolaan Pantai Karangsari dilaksanakan pihak swasta, dan kontraknya akan berakhir pada Maret 2013," kata Kepala Bidang Objek Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Pandeglang Muhamad Hasan di Pandeglang, Kamis.

Setelah waktu pengelolaan oleh perusahaan itu habis, kata dia, maka pengelolaan pantai tersebut akan kembali ditenderkan, dan semua pengusaha yang tertarik dipersilahkan mengikuti lelang tersebut.

"Lelang akan kita laksanakan secara terbuka, dan perusahaan sanggup menyetor ke kas daerah paling tinggi maka akan jadi pemenangnya," katanya.

Menurut dia, ada persyaratan yang harus dipenuhi perusahaan yang tertarik mengelola pantai tersebut, yakni harus sanggup membayar biaya hak pengelolaan di muka.

"CV Panorama Carita yang sekarang mengelola Pantai Karangsari juga membayar hak pengelolaan di muka sebesar Rp800,225 juta," katanya.

CV Panorama Carita sebagai menyetor dana hak pengelolaan ke kas daerah pada 15 Maret 2012, atau setelah ditetapkan sebagai pemenang tender.

Ia juga menjelaskan, didaerah itu terdapat 17 objek wisata pantai, namun yang milik pemerintah daerah hanya Pantai Karangsari Carita, yang lainnya dimiliki dan dikelola BUMN, perusahaan swasta dan masyarakat.

Objek wisata pantai yang di Pandeglang, kata dia, yakni Pantai Karangsari, Pantai Perhutani, Matahari Carita, Lagundi, Pasir Putih dan Lombok, Cibenda dan Cidadu Mataram semuanya berada di Kecamatan Carita.

Kemudian Pantai Tanjunglesung, Panimbang, Citeureup dan Karang berada di Kecamatan Panimbang, Pantai Cikeuruh Wetan dan Pantai Selatan Cikeusik berada di Kecamatan Cikeusik, Pantai Sindang Kerta berada di Kecamatan Sumur dan Pantai Panimbang Bama di Kecamatan Pagelaran.

(ANT)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013