dibagi dalam tiga kelompok terbang
Kupang (ANTARA) - Penjabat Wali Kota Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur George Melkianus Hadjoh melepas pemberangkatan 250 orang jamaah calon haji berasal dari Kota Kupang yang hendak menunaikan ibadah haji pada 2023 di Tanah Suci.

"Para calon jamaah haji agar mempelajari secara baik aturan-aturan yang berlaku, baik selama dalam perjalanan maupun saat beribadah di Mekkah, sehingga apabila ada keberatan sesuai aturan. Jangan sampai melakukan protes yang salah, karena tidak baca aturan. Kami berharap untuk tidak meremehkan aturan yang berlaku di Mekkah," kata George Melkianus Hadjoh sata melepas keberangkatan para calon jemaah haji di Kupang, Senin.

George Melkianus Hadjoh mengatakan para calon jamaah haji agar selalu mengingat Tuhan dalam pikiran sehingga tidak berbuat salah selama melaksanakan ibadah haji di Mekkah..

Dia berharap 250 orang calon jamaah haji dari Kota Kupang ketika pulang dari Mekkah harus membawa perubahan dalam diri ke arah yang lebih baik.

"Apa yang didapat di sana selama melaksanakan ibadah haji agar terapkan di Kota Kupang sebagai hidup yang lebih indah, seperti membawa Kota Kupang lebih ramah, bersih, pelayanan yang hebat. Hal itu dilakukan agar menjadi orang yang memiliki nilai bagi sesama,” kata George Melkianus Hadjoh.

Ia mengatakan nilai bagi sesama karena semua orang diciptakan serupa dengan Allah, sehingga tidak menjadi orang yang jahat tapi hatinya dermawan dan santun.

“Pergi harus dengan hati senang, karena perjalanan ke sana atas izin Allah SWT,” tegas George Melkianus Hadjoh.

Baca juga: PPIH Embarkasi Solo sudah memberangkatkan 67 persen calon haji
Baca juga: 31.511 calon haji gelombang pertama telah berangkat via Bandara Soetta
Baca juga: 314 calon haji Ambon dilepas ke Tanah suci


Sementara itu Kepala Kantor Agama Kota Kupang, Yakobus Beda Kleden menyebutkan calon jamaah haji dari Kota Kupang yang berangkat tahun 2023 mencapai 250 orang dan yang terbanyak dibanding kabupaten lain di Provinsi NTT.

“Jumlah yang diberangkatkan tahun ini terbesar dari total jamaah di NTT yang mencapai 714 Orang,” kata Yakobus Kleden.

Ia mengatakan 186 dari 250 calon jamaah haji akan diberangkatkan ke Surabaya pada 14 Juni 2023, sedangkan 74 orang calon jamaah akan bergabung di Bandara Juanda Surabaya dan melanjutkan perjalanan ke Embarkasi Asrama Haji Sukolilo Surabaya.

“Seluruh jamaah baru akan diberangkatkan ke Mekkah pada 15 Juni 2023 dibagi dalam tiga kelompok terbang (kloter),” kata Yakobus Kleden.

Dia mengatakan calon jamaah haji Kota Kupang berada pada kloter 60 sebanyak 240 orang jamaah dan kloter 61 terdapat enam orang jamaah dan kloter gabungan terdapat empat orang jamaah.

Menurut dia jamaah yang diberangkatkan didominasi kaum Lansia, sehingga akan mendapat prioritas dan pelayanan khusus sehingga semua proses bisa berjalan sesuai tahapan yang berlaku mulai dari penyelesaian dokumen, rekam geometrik, pemeriksaan kesehatan, vaksinasi, manasik haji serta pengantaran ke embarkasi Surabaya.

Baca juga: Jamaah Indonesia disarankan tidak menunaikan umrah wajib siang hari
Baca juga: Petugas haji harus pastikan jamaah lansia minum obat secara teratur
Baca juga: Penjabat Wali Kota Batu lepas keberangkatan 204 calon haji

Pewarta: Benediktus Sridin Sulu Jahang
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023