Kota Bogor (ANTARA) - Dirjen Dukcapil Kemendagri, Teguh Setyabudi mengapresiasi inovasi yang dilakukan oleh Kota Bogor dengan mendatangi warga secara langsung atau "jemput bola" untuk bisa memberikan layanan prima.

"Dari sisi perekaman KTP-el per 31 Maret Kota Bogor sudah 99,02 persen. Tinggal sedikit lagi, karena target kita hingga 31 Desember 99,04 persen," katanya dalam keterangan tertulisnya, Senin.

Menurut Teguh, administrasi kependudukan (Adminduk) tidak hanya bicara mengenai kartu tanda penduduk (KTP) atau kartu identitas (KIA), tapi juga 24 pelayanan administrasi kependudukan dan catatan sipil yang bisa diakses secara gratis oleh masyarakat.

"Di sini kita lihat ada layanan itu untuk terus mewujudkan Dukcapil prima, responsif, profesional dan inovatif melayani memudahkan dan juga membahagiakan, adaptif dan akuntabel. Ini kita lakukan terus menerus," jelasnya.

Teguh berharap, kehadiran pemerintah dalam melayani warga harus memberikan manfaat.

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bogor melakukan jemput bola pelayanan dokumen administrasi kependudukan dan catatan sipil (Adminduk) melalui kegiatan Dukcapil Family Fest dengan tema Dukcapil Prima Indonesia Maju yang dilaksanakan 10 Juni hingga 11 Juni 2023 di Lantai 1 Boxies 123 Mall.

Wali Kota Bogor, Bima Arya, menyampaikan, melayani warga tidak hanya sekedar melayani, namun harus memudahkan dan membahagiakan warga.

"Saya bangga sekali teman-teman Capil terus berinovasi, berusaha naik bukan hanya melayani, tapi memudahkan, yang tadinya lama jadi lebih cepat, yang tadinya jutek, sekarang senyum, sekarang serba mudah," katanya.

Selain jemput bola, saat ini Disdukcapil Kota Bogor juga memiliki layanan drive thru. Jika tidak bisa diambil sendiri, dokumen kependudukan pun bisa diantar melalui kerja sama yang dilakukan antara Dukcapil dengan Gojek.

Sebagai salah satu rangkaian menyambut ulang tahun Kota Bogor, Gojek bersama
Disdukcapil Kota Bogor mengumumkan kolaborasi GoSend sebagai mitra pengiriman pertama untuk layanan pengantaran dokumen kependudukan daring bagi warga kota Bogor melalui aplikasi Pakuan Prima.

Layanan Pakuan Prima yang merupakan sebuah singkatan dari ‘Pelayanan Administrasi Kependudukan
Praktis, Inovatif, dan Melayani’ adalah layanan online berbasis website milik Disdukcapil Kota Bogor.

Melalui kolaborasi antara Gojek dan Disdukcapil Kota Bogor, layanan pengiriman on demand GoSend telah terintegrasi sebagai pilihan pengantaran dokumen di website Pakuan Prima.

Warga Bogor kini bisa memiliki fleksibilitas untuk mengambil secara langsung di kantor Disdukcapil atau bisa memesan layanan GoSend Instant maupun Same Day langsung di laman website Pakuan Prima dan diarahkan ke aplikasi Gojek untuk pengiriman e-KTP, KK, KIA, Akta Kelahiran, Akta Kematian dan Surat Pindah/Datang dari Disdukcapil Kota Bogor.

Berdasarkan data Disdukcapil Kota Bogor, telah memproses hingga ribuan dokumen kependudukan per bulan melalui platform Pakuan Prima.

Untuk memastikan keamanan, kerahasiaan dan ketepatan dokumen, nomor registrasi dan informasi mitra GoSend akan tercatat dalam sistem Disdukcapil.

Dokumen yang akan dikirimkan akan dimasukkan ke dalam amplop yang bersegel dan petugas Disdukcapil akan mencocokan QR code dokumen dan nomor order pengiriman pada saat pick up.

Warga Kota Bogor yang memesan layanan GoSend untuk pengurusan dokumen kependudukan bisa menggunakan kode GOSENDHEMAT untuk mendapatkan diskon ongkir 75% sampai Rp10.000 hingga September 2023.



Baca juga: Pemkot Jakbar kejar target KTP digital di atas 20 persen

Baca juga: Dukcapil Jaksel sebut bisa aktifkan kembali KTP asalkan ada penjaminan

 

Pewarta: Linna Susanti
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023