Madinah (ANTARA) -
Sebanyak 28.888 calon haji, termasuk 376 petugas dari 75 kelompok terbang (kloter) masih berada di Madinah untuk menjalanlan Arbain atau shalat fardlu dalam 40 kali.
 
"Berdasarkan data Siskohat masih ada 75 kloter yang ada di Madinah. Terakhir jamaah haji Indonesia didorong ke Mekkah tanggal 16 Juni," Hal tersebut disampaikan Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Madinah Zaenal Muttaqin, di Madinah, Senin (12/6).

Baca juga: Sebanyak 28.768 jemaah masih berada di Madinah
 
Zaenal menjelaskan, secara rinci jumlah kedatangan jamaah di Madinah sampai dengan Senin, 12 Juni 2023 pukul 17.00 Waktu Arab Saudi sebanyak 263 kloter dengan 101.315 calhaj termasuk petugas.
 
"Mereka berada di tiga wilayah yaitu, Syamaliah, Gharbiyah, dan Janubiyah, terdiri dari tujuh sektor, sektor satu sampai lima , sektor khusus Nabawi, dan sektor Bir Ali-Hijrah, dan menempati 79 hotel," kata Zaenal.

Baca juga: Jamaah haji khusus Indonesia mulai tiba di Madinah, Senin
 
Sementara calhaj yang sudah bergeser ke Mekkah, lanjut Zaenal, yakni sudah 188 kloter yang terdiri atas 72.427 calhaj termasuk petugas.
 
"Jumlah jamaah calon haji yang dilakukan proses evakuasi ke Mekkah dengan ambulans sampai hari ini (Senin pukul 17.00 WAS) ada sebanyak 10 orang," kata Zaenal.

Baca juga: Jamaah Indonesia di Madinah bergerak menuju Mekkah mulai 1 Juni
 
Zaenal menyebutkan, ada 60 calon haji yang dirawat di Madinah per Senin (12/6) dengan rincian 29 orang dirawat di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI); tiga orang dirawat di Rumah Sakit Al Anshor Madinah; 25 orang dirawat di RS King Fahad Madinah; dan tiga orang dirawat di RS Mouwasat Madinah.
 
Sementara calon haji yang dirawat di Mekkah total ada 155 orang, dengan rincian 119 orang dirawat di KKHI; sembilan orang dirawat di RS King Faisal (Syisha); 13 orang dirawat di RS Al Noer; dua orang dirawat di RS Heera; enam orang dirawat RS King Abdullah; enam orang dirawat di RS King Abdul Aziz.

Baca juga: 29 ribu calon haji Indonesia dijadwalkan tiba di Madinah hari ini
 
"Ada dua orang calon haji Indonesia yang dirawat di Jeddah, yakni di RS King Abdullah. Jadi total ada 217 calon haji yang menjalani perawatan," kata Zaenal.
 
Untuk calon haji yang meninggal, tambah Zaenal, ada sebanyak 51 orang, 26 di antaranya meninggal di Madinah, 23 orang di Mekkah, dan satu orang di Jeddah, serta tercatat ada satu orang calon haji asal Kalimantan Selatan dari penyelenggara ibadah haji khusus (PIHK) yang meninggal dunia di Madinah.

Baca juga: Jamaah haji Indonesia ikuti Shalat Jumat perdana di Masjid Nabawi
Baca juga: Hari kedua kedatangan, 5.858 peserta tiba di AMAA Madinah

Pewarta: Nur Istibsaroh
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2023