Semarang (ANTARA) - PT Angkasa Pura I Kantor Cabang Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani  menerapkan dan menjalankan aturan perjalanan terbaru terkait dengan ketentuan perjalanan orang dengan menggunakan transportasi udara pada masa transisi endemi COVID-19.

“Peraturan perjalanan baru berdasarkan Surat Edaran Satgas COVID-19 Nomor 1 Tahun 2023 dan Surat Edaran Kementerian Perhubungan RI Nomor SE 16 tahun 2023 berlaku efektif mulai 9 Juni 2023,” kata General Manager Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Hardi Ariyanto di Semarang, Selasa.

Sesuai dengan peraturan terbaru, pelaku perjalanan dianjurkan tetap melakukan vaksinasi COVID-19 sampai dengan dosis keempat, dan dianjurkan tetap memakai masker yang tertutup dengan baik apabila dalam keadaan tidak sehat sebelum dan saat melakukan perjalanan.

Ia menjelaskan bahwa dalam SE Kemenhub Nomor 16 Tahun 2023 tersebut dinyatakan bahwa pelaku perjalanan orang dalam negeri (PPDN) dengan transportasi udara wajib mengikuti ketentuan yang ada.

Baca juga: Jumlah penumpang Bandara Ahmad Yani selama Mei 2023 meningkat

Baca juga: Posko Terpadu Lebaran Bandara Semarang layani 90.056 penumpang


Ketentuan itu antara lain, dianjurkan tetap melakukan vaksinasi COVID-19 sampai dengan penguat kedua atau dosis keempat, terutama bagi masyarakat yang memiliki risiko tinggi penularan COVID-19.

Kemudian, diperbolehkan tidak menggunakan masker apabila dalam keadaan sehat dan tidak berisiko tertular atau menularkan COVID-19 dan dianjurkan tetap memakai masker yang tertutup dengan baik apabila dalam keadaan tidak sehat atau berisiko COVID-19, sebelum dan saat melakukan perjalanan dan kegiatan di fasilitas publik.

“Dianjurkan tetap menggunakan aplikasi Satu Sehat untuk memonitor kesehatan pribadi,” ujarnya.

Menurut dia, aturan perjalanan terbaru ini juga telah diterapkan pada 15 bandara yang dikelola oleh PT Angkasa Pura I.*

Baca juga: AP II: 20 bandara terapkan ketentuan dalam SE Kemenhub Nomor 16/2023

Baca juga: AP: Penumpang arus Mudik lewat Bandara SIM naik 86 persen


Pewarta: Wisnu Adhi Nugroho
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023