Singapura (ANTARA) -- Layar OLED (Organic Light Emitting Diode) adalah teknologi layar yang menggunakan lapisan tipis dari bahan organik yang dapat menghasilkan cahaya sendiri tanpa perlu lampu latar. Ia memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan layar IPS (In-Plane Switching) yang masih membutuhkan lampu latar untuk menampilkan gambar.
ASUS, sebagai pemain utama di industri laptop di Indonesia, tentu memiliki solusi laptop dengan layar OLED bahkan telah diperbarui dengan nama ASUS Lumina OLED. Lalu, apa kelebihan layar berbasis panel OLED dibandingkan dengan layar jenis IPS atau jenis lain pada umumnya?

Mereduksi Paparan Sinar Biru Secara Signifikan

Paparan radiasi sinar biru pada layar laptop merupakan penyebab utama kelelahan pada mata bahkan dapat mengganggu kesehatan mata dalam jangka panjang. ASUS Lumina OLED memiliki fitur Eye Care yang dapat mengurangi tingkat paparan radiasi sinar biru pada layar hingga 70%.

Dalam sebuah kesempatan, menggunakan alat Bernama bandpass filter, kita membandingkan langsung layar laptop dari tipe yang sama, yakni ASUS Vivobook 14X M1403 yang menggunakan panel IPS dan ASUS Vivobook 14X OLED M1403 yang sudah berteknologi ASUS Lumina OLED.
Dan ternyata, benar saja. Di gambar sebelah kiri adalah laptop ASUS Vivobook 14X OLED M1403, Adapun di sebelah kanan adalah laptop ASUS Vivobook 14X M1403 versi IPS.


ASUS Lumina OLED

Fitur Eye Care di ASUS Lumina OLED tidak hanya sekadar dapat mengurangi radiasi sinar biru, tetapi juga mempertahankan kualitas reproduksi dan akurasi warnanya. Dengan menggeser spektrum biru, ASUS Lumina OLED dapat menekan paparan radiasi sinar biru tanpa mengurangi kualitas dan akurasi warnanya. Metode tersebut juga telah mendapatkan sertifikasi Low Blue Light dan Flicker Free dari TÜV Rheinland.

Warna Lebih Detail

Berbeda dengan layar laptop pada umumnya yang masih menggunakan panel backlight, ASUS Lumina OLED terdiri dari jutaan lampu LED berukuran sangat kecil. Setiap LED dapat dimatikan secara sepenuhnya sehingga mampu menghasilkan warna hitam sempurna dan memiliki kontras warna yang sangat tinggi. Tidak tanggung-tanggung, ASUS Lumina OLED hadir dengan rasio kontras hingga 1.000.000:1 sehingga Anda dapat menikmati setiap detail warna dengan sangat jelas.

ASUS Lumina OLED juga telah mengantongi sertifikasi DisplayHDR 500 True Black dari VESA. Artinya, Anda juga dapat menikmati beragam konten multimedia yang disajikan dengan format HDR secara sempurna. Pengalaman visual terbaik hanya bisa didapatkan melalui laptop yang telah menggunakan teknologi layar ASUS Lumina OLED, termasuk dukungan membuat konten dengan format HDR.

Warna di Layar Jauh Lebih Akurat

ASUS Lumina OLED diciptakan untuk para profesional yang membutuhkan layar dengan tingkat reproduksi warna yang tinggi serta akurat, sesuai dengan standar industri perfilman saat ini. Atas dasar tersebut, ASUS Lumina OLED mampu mereproduksi 100% warna pada color space DCI-P3 atau setara dengan 133% warna pada color space sRGB. Kemampuan tersebut membuat ASUS Lumina OLED dapat menampilkan visual dengan warna yang lebih kaya dan detail yang lebih baik.

Tingkat reproduksi warna yang tinggi akan percuma jika tidak dibarengi dengan tingkat akurasi warna yang tinggi pula. Setiap laptop yang menggunakan teknologi layar ASUS Lumina OLED telah dikalibrasi sejak awal sehingga setiap laptop yang menggunakan ASUS Lumina OLED dapat menghasilkan warna yang sangat akurat.

Tetap Jernih Meski Layar Redup

Berbeda dengan layar laptop pada umumnya, ASUS Lumina OLED menggunakan 3D color gamut sebagai referensi. 3D color gamut menambahkan faktor iluminasi untuk mengukur color volume secara keseluruhan dan ASUS Lumina OLED memiliki color volume 60% lebih besar dibandingkan dengan layar laptop pada umumnya.

Berkat color volume yang lebih besar, laptop yang menggunakan ASUS Lumina OLED dapat menghadirkan tingkat reproduksi warna yang sangat tinggi pada rentang tingkat kecerahan yang lebih luas.

Visual Lebih Jelas Tanpa Efek Blur

Menikmati sajian multimedia dengan gerak visual yang cepat seperti pada video action seringkali menampilkan efek blur yang mengganggu mata. Untuk mengatasi hal tersebut, ASUS Lumina OLED dilengkapi dengan response time yang sangat kencang yaitu hingga 0,2ms atau 50 kali lebih kencang dari layar laptop pada umumnya.

Response time yang lebih kencang memungkinkan tampilan visual dengan gerak cepat dapat dihadirkan secara lebih tajam dengan detail yang tinggi. Dengan demikian, Anda tidak akan lagi melewatkan berbagai detail dari setiap frame pada video action Anda. Proses editing video pun akan menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023