Jakarta (ANTARA) - Setelah sukses memperkenalkan kampanye Coffeemezation pada tahun lalu, tahun ini Starbucks kembali hadir dengan kampanye yang sama dengan konsep yang sedikit berbeda dan mengajak pelanggan untuk mewujudkan minuman impiannya.

Chief Marketing Officer untuk PT Sari Coffee Indonesia Liryawati mengatakan selain mengajak pelanggan berkreasi mewujudkan minuman impian mereka, Starbucks juga ingin menunjukkan keahlian barista dalam menerjemahkan ide dari para pelanggan.

“Craft sebagai salah satu brand pillar Starbucks® sangat kami tekankan dalam kampanye ini karena bukan hanya kami ingin mengajak pelanggan untuk berpikir kreatif dan mewujudkan minuman impian mereka yang bisa dinikmati di seluruh gerai di Indonesia, tetapi juga menunjukkan keahlian para barista kami untuk menerjemahkan ide-ide para pelanggan tersebut,” ucapnya dalam media gathering peluncuran kampanye Coffeemezation Starbucks di Jakarta, Selasa.

Baca juga: Starbucks hadirkan aroma jeruk dan bunga hingga koleksi serba kelinci

Kampanye Coffeemezation dimulai dari 24 April dengan mengajak pelanggan untuk membagikan ide-ide kreatifnya akan minuman Starbucks® impian mereka di website https://www.Starbucks.co.id/coffeemezation. Tahap ini berlangsung hingga 14 Mei dan telah terpilih 4 finalis dengan ide minuman yang menarik yaitu Iced Salted Caramel Green Tea Latte dari Suci Rahmadhani, Sweet Brown Sugar & Vanilla Macchiato dari Fiqi Hermaarif, Iced Tiramisu Latte dari Rayi Cita dan White & Dark Royal Cream Frappuccino® dari Mirna Morina.

Senior General Manager, Portfolio Marketing & Communication untuk PT Sari Coffee Indonesia Astrid Tanggara mengatakan ada lebih dari 11.000 pelanggan yang mengirimkan ide minuman impiannya. Kreasi minuman pelanggan yang terpilih akan bisa dinikmati di semua gerai Starbucks mulai tanggal 12 Juni hingga 9 Juli 2023.

“Ada lebih dari 11.000 submission terkumpul dengan berbagai idenya yang luar biasa hingga akhirnya kami bisa memilih empat finalis. Sesuai dengan tema tahun ini, ‘Make Your Drinks Come True’, Starbucks® pun akan mewujudkan mimpi finalis dengan menampilkan empat minuman kreasi mereka untuk dapat dinikmati di seluruh gerai Starbucks® di Indonesia mulai dari tanggal 12 Juni hingga 9 Juli 2023,” ucap Astrid.

Dalam memilih finalis Coffeemezation, proses kurasi setiap kreasi minuman pelanggan dilihat dari bagaimana penamaan dari minuman itu sendiri, cerita menarik dibalik kreasi minuman, serta penyesuaian bahan yang di submit pelanggan agar sesuai dengan kriteria profil Starbucks.

Sampel minuman dari keempat finalis Coffeemezation yang sudah terpilih (ANTARA/Fitra Ashari)

Astrid juga mengungkapkan kedepannya tidak menutup kemungkinan minuman kreasi pilihan pelanggan terbanyak dengan performa penjualan yang baik akan menjadi menu regular di gerai Starbucks.

Di akhir periode, tepatnya tanggal 12 Juli 2023, finalis yang memiliki minuman dengan performa penjualan terbaik akan memenangkan hadiah menarik, mulai dari satu unit Vespa, logam mulia, iPhone hingga MAP Gift Voucher. Tak hanya itu, bagi pelanggan yang belum berkesempatan menjadi finalis masih berkesempatan mendapatkan hadiah total jutaan rupiah dengan cara membeli salah satu minuman dari 4 finalis lalu membuat konten mengenai minuman Coffeemezation 2023 untuk menunjukkan dukungannya di social media.

Baca juga: CEO Starbucks prediksi China jadi "pasar yang lebih besar"

Baca juga: Perkenalkan Starbucks Oleato™ – tradisi kopi yang baru dan revolusioner

Baca juga: Starbucks donasi Rp759 juta untuk pulihkan Cianjur


Pewarta: Fitra Ashari
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023