Jakarta (ANTARA/JACX) – Sebuah unggahan YouTube berdurasi delapan menit menarasikan bahwa Golkar dan NasDem resmi deklarasikan Anies Baswedan dan Airlangga Hartanto sebagai pasangan capres dan cawapres di Pilpres 2024 mendatang.

Thumbnail dalam unggahan video tersebut terlihat seperti Airlangga Hartanto sedang menyambut Anies Baswedan dan Surya Paloh diatas panggung kuning. Terlihat juga banyak yang menggunakan jas berwarna kuning khas Partai Golkar.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:

“06-Juni-2023 Deklarasi Anies Capres&Airlangga Cawapres Resmi Di Panggung Kuning Golkar 

Namun, benarkah Anies dan Airlangga deklarasi sebagai pasangan Pilpres 2024 pada 6 Juni?

 

Unggahan video disinformasi yang menyatakan Anies dan Airlangga resmi deklarasikan capres dan cawapres di Pilpres 2024. Faktanya, isi video tersebut tidak sesuai dengan narasi judul. (YouTube)
Penjelasan:

Berdasarkan penelusuran, unggahan video tersebut tidak sesuai dengan narasi dalam judul. Thumbnail dalam video tersebut serupa dengan unggahan foto Liputan6 yang berjudul “FOTO: Ribuan Kader Hadiri Kampanye Akbar Partai Golkar di Istora Senayan” yang diunggah pada 9 April 2019. Dalam foto aslinya, tidak terdapat Anies dan Surya Paloh.

Selain itu, narator juga hanya membacakan artikel dari Merdeka.com yang berjudul “Anies Sebut Golkar Harus Gabung Koalisi Perubahan Kalau Mau Airlangga Jadi Cawapres” dan Tribunnews “Golkar Dinilai Lebih Berpeluang Gabung Koalisi NasDem, Berikut Analisis Pengamat”.

Dalam kedua artikel tersebut tidak menginformasikan Anies dan Airlangga mendeklarasikan sebagai pasangan capres dan cawapres di Pilpres, melainkan pendapat pengamat politik yang menilai Partai Golkar lebih berpeluang bergabung ke Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) yang digawangi Partai NasDem, PKS, dan Demokrat ketimbang Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) yang diusung partai Gerindra dan PKB.

Klaim: Anies dan Airlangga deklarasi sebagai pasangan Pilpres 2024 pada 6 Juni

Rating: Disinformasi

Cek fakta: Hoaks! Anies Baswedan jadi Menkominfo pada 8 Juni

Cek fakta: Disinformasi! Video Khofifah deklarasi jadi cawapres Anies Baswedan

Baca juga: MPO Golkar siap kampanyekan prestasi Airlangga Hartarto

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2023