Beijing (ANTARA) -  Otoritas meteorologi China pada Selasa (13/6) memperbarui peringatan biru untuk cuaca konveksi yang parah di beberapa daerah.

Dari Selasa pagi hingga Rabu pagi (14/6), badai petir, angin kencang, dan hujan es akan melanda beberapa area di Shaanxi, Shandong, Henan, Anhui, Hubei, Hunan, Jiangxi, dan Zhejiang, dengan kekuatan angin maksimum mencapai 24,5-28,4 meter per detik, demikian Pusat Meteorologi Nasional China menyatakan.

Curah hujan singkat dan lebat yang ditandai dengan presipitasi 20 mm hingga lebih dari 60 mm per jam akan mengguyur sebagian Jilin, Anhui, Hubei, Hunan, Jiangxi, Zhejiang, Fujian, Yunnan, Guangxi, Guangdong, dan Hainan.

Pusat meteorologi itu menyarankan masyarakat untuk mengambil langkah pencegahan terhadap hujan lebat, petir, dan badai, serta menyarankan agar mengurangi aktivitas di luar ruangan.

Kapal-kapal yang beroperasi atau melakukan transit di perairan yang terdampak harus kembali ke pelabuhan atau mengambil jalan memutar, menurut badan tersebut.

China memiliki sistem peringatan cuaca tiga tingkat berkode warna untuk cuaca konveksi yang parah, dengan oranye mewakili peringatan paling parah, diikuti oleh kuning dan biru.

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023