Tentunya ini merupakan hasil usaha-usaha yang sulit yang sudah dijalani selama ini. Terima kasih atas dedikasi kepada pengelola bank sampah
Jakarta (ANTARA) -
Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menobatkan Bank Sampah Gunung Emas di Jakarta Timur sebagai bank sampah terbaik tahun 2023.
 
Penghargaan sebagai bank sampah terbaik diserahkan langsung oleh Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar di Auditorium Manggala Wanabakti, Jakarta Pusat, Selasa.
 
“Tentunya ini merupakan hasil usaha-usaha yang sulit yang sudah dijalani selama ini. Terima kasih atas dedikasi kepada pengelola bank sampah,” kata Menteri Siti Nurbaya dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Selasa.
 
Dia menambahkan penghargaan bank sampah terbaik ini bisa menjadi motivasi bagi 25.540 bank sampah lainnya di Indonesia.
 
Selain Bank Sampah Gunung Emas, ada sembilan bank sampah lain dari seluruh Indonesia yang juga menerima penghargaan tersebut tahun ini.
 
Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Asep Kuswanto mengapresiasi Bank Sampah Gunung Emas menjadi bank sampah terbaik.

Baca juga: Menteri LHK ungkap peran strategi bank sampah
 
“Selamat dan sukses untuk Bank Sampah Gunung Emas dan Ibu Vera Novita sebagai penggeraknya. Semoga pada tahun-tahun selanjutnya makin banyak lagi penerima penghargaan bank sampah terbaik dari Provinsi DKI Jakarta,” ucap Asep.
 
Berdasarkan data Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN),  pada tahun 2022 Indonesia menghasilkan sekitar 68,5 juta ton sampah dan sekitar 18,5 persen dari volume sampah tersebut berupa sampah plastik.
 
Pemerintah menargetkan Indonesia bersih sampah melalui pengurangan sampah sebesar 30 persen dan penanganan sampah sebesar 70 persen pada tahun 2025.
 
Pada 13-16 Juni 2023 KLHK menggelar Festival Peduli Sampah Nasional di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta Pusat.
 
Festival Peduli Sampah Nasional tersebut menjadi platform dan forum bersama dalam memberikan solusi dalam pelaksanaan rencana aksi untuk mencapai target nasional penurunan emisi, menuntaskan persoalan sampah di Indonesia, memperkuat posisi sektor pengelolaan sampah sebagai pendorong pertumbuhan perekonomian Indonesia, sekaligus manifestasi dari salah satu prinsip pengelolaan sampah berkelanjutan.

Baca juga: KLHK dorong perubahan pola pikir masyarakat dalam memilah sampah
Baca juga: KLHK: Indonesia berhasil turunkan 38 persen sampah laut

Pewarta: Lintang Budiyanti Prameswari
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023