Banda Aceh (ANTARA) - Sebanyak 27 mahasiswa Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh lolos ke final Olimpiade Agama Sains dan Riset (OASE) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) ke II Tahun 2023 yang berlangsung di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

"Alhamdulillah, dari 23 cabang yang diperlombakan pada OASE tahun ini, UIN Ar-Raniry Banda Aceh mampu lolos melaju ke final di sepuluh cabang lomba," kata Ketua Kontingen UIN Ar-Raniry Banda Aceh Dr Analiansyah dalam keterangan tertulis diterima di Banda Aceh, Selasa.

Ia menjelaskan kesepuluh cabang tersebut yakni lomba sains pada studi Fisika, Literasi Inovasi Teknologi, Produk Halal dan Ketahanan Pangan, Sosial Keagamaan, Desain Arsitektur Islam, Robotik dan Programming, Debat Bahasa Arab, Debat Bahasa Inggris, Musabaqah Qiraatul Kutub dan Musabaqah Fahmil Al-Quran.

Kontingen UIN Ar-Raniry Banda Aceh berhasil melewati babak penyisihan OASE ke II antar PTKI se-Indonesia pada tanggal 22 – 26 Mei 2023 secara daring menggunakan Computer Based Test (CBT) dan virtual meeting, dan aplikasi penjurian.

Baca juga: UIN AR-Raniry dapat jatah 600 beasiswa KIP Kuliah 2023

Baca juga: UIN Ar-Raniry dan HPN luncurkan 1.000 mahasiswa wirausaha


Rektor UIN Ar-Raniry Banda Aceh Prof Dr Mujiburrahman memberikan apresiasi atas capaian para kontingen yang sudah berkompetisi secara maksimal dan terus berupaya meningkatkan kreativitas dan menumbuhkan inovasi sehingga berhasil lolos ke babak final dalam ajang OASE ke II yang diselenggarakan di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

"Alhamdulillah pada OASE pertama yang diselenggarakan di UIN Ar-Raniry Banda Aceh kita mampu meraih juara umum, kita berharap para kontingen UIN Ar-Raniry Banda Aceh mampu memperoleh hasil yang maksimal pada OASE PTKI ke II ini," kata Prof Mujib.

Dia berharap semoga ajang tahunan tersebut menjadi wahana untuk menggali potensi para mahasiswa dengan terus bersinergi, dan berkolaborasi dalam upaya meningkatkan kompetensi baik hard skill maupun soft skill mahasiswa.*

Baca juga: UIN Ar-Raniry dan UUM Malaysia kerja sama program gelar ganda

Baca juga: Sebanyak 2.157 mahasiswa KKN akan sukseskan SIGAP di tiga kabupaten


Pewarta: M Ifdhal
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023