Kita minta ini tuntas oleh UKPD sampai akhir tahun
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan (Pemkot Jaksel) meminta unit kerja perangkat daerah (UKPD) setempat menuntaskan register inventarisasi barang milik daerah (BMD) berupa gedung dan bangunan hingga akhir tahun.

"Kita minta ini tuntas oleh UKPD sampai akhir tahun," kata Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Selatan Ali Murthadho dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa.

Ia menjelaskan, jumlah UKPD yang memiliki kartu inventaris barang (KIB) C sebanyak 129 UKPD dengan jumlah sebanyak 4.282 register. 

Ali menyebutkan, para UKPD yang memiliki jumlah register gedung dan bangunan di bawah 100 diharapkan dapat menyelesaikan inventarisasi sampai September 2023.

Sedangkan UKPD yang memiliki register di atas 100 dapat menyelesaikan inventarisasi pada Pengguna Barang dan Kuasa Pengguna Barang Tahun Anggaran 2023 sampai akhir tahun.

Baca juga: Organisasi Perangkat Daerah diminta jaga aset Pemprov DKI Jakarta

Ia memberikan sosialisasi agar UKPD mendapatkan arahan, termasuk secara teknis pelaksanaan dari inventarisasi yang dilaksanakan di semester I.

“Kita akan evaluasi (monev), artinya saya akan kendalikan langsung pelaksanaan kegiatan ini melalui Badan Aset Jakarta Selatan, sehingga tahu persoalan yang muncul dan menanganinya seperti apa," katanya. 

Sementara, Kepala Suku Badan Pengelolaan Aset Kota Jakarta Selatan, Imelda Madjid, menambahkan, kegiatan inventarisasi kali ini akan dilaksanakan secara bertahap.

"Kegiatan ini mengikuti sebagaimana Keputusan Gubernur Nomor 52 Tahun 2023 tentang Penetapan Inventarisasi Bertahap Barang Milik Daerah Pada Pengguna Barang dan Kuasa Pengguna Barang Tahun 2023-2027," kata Imelda.

Baca juga: Anggota DPRD minta DKI optimalkan pajak sehubungan hibah aset jalan

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023