Beijing (ANTARA) - Harga grosir untuk produk-produk pertanian China meningkat dalam pekan yang dimulai dari 2 Juni dan berakhir pada 8 Juni, demikian menurut data dari Kementerian Pertanian dan Urusan Pedesaan China.

Pada periode tersebut, indeks harga grosir produk pertanian China tercatat 122,31, naik 0,28 poin dari pekan sebelumnya dan naik 3,65 poin secara tahunan (year on year/yoy), menurut kementerian itu.

Harga grosir rata-rata untuk daging babi, yang merupakan daging konsumsi pokok di China, turun tipis 0,7 persen secara mingguan dan turun 9,7 persen dari periode yang sama pada 2022.

Sementara itu, harga grosir rata-rata untuk telur turun 0,3 persen secara mingguan dan turun 1,6 persen (yoy), ungkap data tersebut.

Pada periode yang sama, harga grosir rata-rata untuk 19 jenis sayuran utama yang didata oleh pemerintah naik tipis 0,3 persen dari pekan sebelumnya, sedangkan untuk enam jenis buah-buahan utama naik 1,9 persen secara mingguan.

Indeks harga grosir disusun berdasarkan data dari 200 lebih pasar grosir pertanian. Data ini diperbarui setiap hari berdasarkan rata-rata tertimbang dari indeks harga untuk berbagai barang, termasuk sayuran, buah-buahan, produk akuatik, dan produk ternak.


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Hanni Sofia
Copyright © ANTARA 2023