Jakarta (ANTARA) -
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono hadiri dalam peluncuran Photon Counting CT Scan NAEOTOM Alpha di Rumah Sakit (RS) Abdi Waluyo, Jalan HOS Cokroaminoto, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa.

RS Abdi Waluyo meluncurkan teknologi pemindai photon-counting CT scanner yang pertama di dunia bernama NAEOTOM Alpha yang dapat mengoptimalkan deteksi penyakit dan pengobatan pasien di Indonesia, kata menteri Basuki

"Alat ini akan memberikan analisa yang lebih tepat serta akurat dalam mendeteksi kondisi penyakit di dalam tubuh manusia," kata Basuki dalam keterangan resmi diterima di Jakarta, Selasa.

Ia mengapresiasi RS Abdi Waluyo yang diharapkan dapat melayani kesehatan warga Jakarta maupun Indonesia.

Dalam kesempatan yang sama, Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma mengungkapkan kedatangan NAEOTOM Alpha ini merupakan capaian yang luar biasa karena RS Abdi Waluyo adalah rumah sakit yang pertama di Asia Tenggara yang memiliki teknologi tersebut.

Baca juga: RS Abdi Waluyo miliki Naeotom Alpha pertama di Asia Tenggara

"Ini sejalan dengan Jakarta yang ingin menjadi kota global yang artinya interaksinya skala global sehingga layanan kesehatannya pun harus skala global," katanya.

Menurut Dhany, jika teknologi NAEOTOM Alpha digunakan oleh rumah sakit lain di Jakarta maupun Indonesia, akan menjadi rujukan bagi penduduk dunia yang ingin periksa kesehatan.

Sementara itu, Direktur RS Abdi Waluyo dr. Prasetyo Andriono, Sp.JP, mengatakan sistem itu akan membantu meningkatkan perawatan dan hasil pencitraan medis untuk pasien.

NAEOTOM Alpha adalah sistem pencitraan medis termutakhir yang menawarkan pencitraan tiga dimensi yang canggih agar para dokter dapat melihat gambar detail organ, jaringan, dan tulang dengan kejernihan dan presisi yang belum pernah ada sebelumnya.

Alat itu dapat melakukan pencitraan secara terkini supaya para dokter bisa melihat pergerakan organ dan jaringan juga secara aktual.

Dengan teknologi seperti itu, dokter bisa mendapatkan pemahaman yang sangat bernilai untuk membantu melakukan diagnosis dan melakukan perawatan terhadap banyak kondisi medis yang terjadi.

Baca juga: RS Abdi Waluyo akan Memiliki Photon-Counting CT Pertama di Indonesia untuk Meningkatkan Hasil Klinis bagi Pasien
 

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023