Jakarta (ANTARA) - Pengamat politik dari Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Saidiman Ahmad mengatakan bahwa dukungan Joko Widodo kepada calon presiden dari PDIP Ganjar Pranowo sudah jelas.

“Saya kira cukup jelas bahwa Jokowi mendukung Ganjar sebagai calon presiden. Pertama, PDIP sudah memutuskan mengajukan Ganjar sebagai calon dan Jokowi masih merupakan kader PDIP,” katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa.

Hal itu disampaikan Saidiman saat menanggapi unggahan Ganjar tentang fotonya bersama Jokowi di akun pribadinya @ganjar_pranowo di Instagram, Selasa (13/6).

Saidiman juga menilai bahwa Ganjar adalah tokoh yang paling mungkin melanjutkan program dan pembangunan Jokowi di masa mendatang.

“Di antara tokoh-tokoh yang ada, Ganjar juga paling mungkin melanjutkan kebijakan Jokowi. Profil keduanya kurang lebih mirip,” katanya.

Jokowi memang acapkali memberikan sinyal dukungan kepada Ganjar dalam pemilihan presiden pada 2024. Salah satunya lewat sebutan "pemimpin rambut putih" dan "kerutan di wajah", yang dinilainya sebagai ciri pemimpin yang memikirkan rakyat.

Ganjar sebelumnya mengunggah foto dirinya dan Jokowi yang sedang duduk berdua di meja makan bundar yang di atasnya tersaji berbagai makanan, di antaranya sate dan sayur lodeh. Ada juga makanan pelengkap seperti kerupuk, kecap, dan buah-buahan.

Dalam foto itu, Jokowi berpakaian kemeja putih lengan panjang yang digulung dan Ganjar mengenakan kemeja batik. Jokowi tampak tersenyum sambil memandang ke arah Ganjar.

Baca juga: Ganjar bantah soal kontrak politik untuk pemilihan menteri
Baca juga: Jokowi panggil Ganjar ke Istana bahas Borobudur hingga politik

 

Pewarta: Fauzi
Editor: Anton Santoso
Copyright © ANTARA 2023