Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa politik pada Selasa (13/6) menjadi sorotan, mulai dari DPD RI serap aspirasi pembentukan RUU desa hingga Said Abdullah bantah isu kontrak politik Ganjar dengan PDIP.

Berikut rangkuman ANTARA untuk berita politik kemarin yang menarik untuk kembali dibaca:

1. DPD RI serap aspirasi di Kabupaten Gowa untuk pembentukan RUU Desa

Tim Komisi I DPD RI mengunjungi Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, untuk menyerap aspirasi perangkat desa agar nantinya bisa dimasukkan dalam bagian Rancangan Undang Undang (RUU) tentang Desa.

Wakil Ketua Komisi I DPD RI, Filep Wamafma di Gowa, Selasa, mengatakan kunjungan itu untuk mendengar aspirasi perangkat desa yang kemudian akan disampaikan dalam pokok pikiran kepada Kementerian Desa dalam rangka penyusunan Rancangan Undang-Undang (RUU) Desa.

"Jadi kami melaksanakan kunjungan sebagai bagian dari tugas dan fungsi kami yang bermitra dengan pemerintah desa," ujarnya.

Selengkapnya klik di sini.

2. Pengamat IPI nilai "Jokowi effect" tentukan kemenangan Ganjar

Pengamat politik dari Indonesian Public Institute (IPI) Karyono Wibowo menilai "Jokowi effect" menjadi salah satu variabel yang menentukan kemenangan bakal calon presiden (capres) usungan PDI Perjuangan Ganjar Pranowo pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"Pasangan mana yang mampu merebut Jokowi effect akan berpotensi menambah suara," kata Karyono dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Selasa.

Selengkapnya klik di sini.

3. Waka MPR: Ponpes Bai Mahdi Sholeh Ma'Mun jadi pusat belajar Al Qur'an

Wakil Ketua (Waka) MPR RI Yandri Susanto mengungkapkan Yayasan Bai Mahdi Sholeh Ma'mun akan menjadi pusat pembelajaran Al Qur'an dan sekolah umum unggulan.

Untuk mewujudkan cita-cita itu, maka Yayasan Bai Mahdi Sholeh Ma'mun akan bekerja sama dengan Yayasan Pendidikan Unggulan Amanatul Ummah.

"Pengasuh Yayasan Pendidikan Unggulan Amanatul Ummah Asep Syaifudin Chalim menginginkan Yayasan Bai Mahdi Sholeh Ma'mun maju seperti Amanatul Ummah," kata Yandri dalam keterangan resminya di Jakarta, Selasa.

Selengkapnya klik di sini.

4. Jokowi percepat keterjangkauan sinyal 4G di 12.548 desa/kelurahan

Presiden Joko Widodo mempercepat realisasi infrastruktur digital dengan keterjangkauan sinyal 4G di 12.548 desa atau kelurahan pada akhir 2022 sebagai upaya upaya transformasi digital yang dilakukan pemerintah.

Hal itu disampaikan Presiden Jokowi dalam memberikan sambutan pada Gerakan Literasi Digital di Mabes TNI melalui tayangan video.

"Pada akhir tahun 2022, 12.548 desa/kelurahan akan terjangkau sinyal 4G. Percepatan 10 tahun lebih maju dari rencana sebelumnya yang selesai pada tahun 2032," kata Presiden Jokowi seperti disaksikan dalam tayangan televisi, Selasa.

Selengkapnya klik di sini.

5. Said Abdullah bantah kontrak politik antara PDIP dan Ganjar

Ketua DPP PDI Perjuangan Said Abdullah menegaskan bahwa tidak ada kontrak politik antara bakal calon presiden dari PDI Perjuangan Ganjar Pranowo dengan PDI Perjuangan apabila Ganjar Pranowo terpilih menjadi presiden.

"Saya pastikan 1.000 persen tidak ada kontrak politik jika Pak Ganjar Pranowo menjadi presiden," kata Said Abdullah dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Selasa.

Selengkapnya klik di sini.
 

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2023