Kita mencatat kerugian akibat kejadian ini mencapai Rp1 miliar
Padang (ANTARA) - Sebanyak lima toko dan dua rumah yang berada di Jalan Raya Lubuk Begalung, Kelurahan Lubuk Begalung XX, Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang, Sumatera Barat, habis terbakar pada Rabu pagi.

Kepala Bidang Operasional Sarana dan Prasarana Dinas Pemadam Kebakaran Kota Padang Sutan Hendra di Padang, Rabu, mengatakan laporan kebakaran masuk ke kantor sekitar pukul 05.08 WIB dan pihaknya menurunkan petugas langsung ke lokasi.

"Kita sampai di lokasi dan melakukan penanganan dan (api) bangunan berhasil dipadamkan sekitar pukul 06.05 WIB," katanya.

Ia mengatakan dari laporan saksi kepada petugas api terlihat dari toko, kemudian melaporkan ke Dinas Pemadam Kebakaran Kota Padang.

"Untuk penyebab kebakaran belum diketahui dan ini tentu menunggu penyelidikan dari pihak kepolisian," katanya.

Dinas Pemadam Kebakaran Kota Padang menurunkan tujuh mobil pemadam kebakaran dengan 70 personel untuk memadamkan api tersebut. Mereka terus berupaya sampai ke lokasi dengan waktu yang singkat dan melakukan pemadaman.

Baca juga: Satu gudang penyimpanan milik Bulog di Padang habis terbakar

"Lokasi ini berada di pemukiman penduduk dan kita berupaya memadamkan api agar tidak menjalar lebih jauh," kata dia.

Ia mengatakan ada tujuh bangunan yang terbakar terdiri dari lima toko dan dua rumah, sementara luas area yang terbakar seluas 500 meter persegi.

"Kita mencatat kerugian akibat kejadian ini mencapai Rp1 miliar," kata dia.

Menurut dia, akibat kejadian ini tidak ada korban meninggal dunia atau mengalami luka. Penghuni bangunan ini ada delapan kepala keluarga dengan jumlah 17 orang.

"Alhamdulillah tidak ada korban jiwa dan 17 orang yang tinggal di bangunan tersebut mengungsi sementara waktu," kata dia.

Dina Pemadam Kebakaran terus melakukan sosialisasi agar masyarakat waspada dengan kebakaran terutama saat cuaca panas terik. "Periksa instalasi listrik bangunan secara berkala dan jangan melakukan pembakaran secara sembarangan," kata dia.

Baca juga: Kawasan padat di Padang terbakar, kerugian ditaksir di atas Rp1 miliar

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023