Kami akan menawarkan pemerintahan yang bersih dan anti korupsi. Pemerintahan yang bersih ini menjadi target utama kami demi kesejahteraan rakyat Jabar,"
Bandung (ANTARA News) - Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Jawa Barat dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Rieke Diah Pitaloka dan Teten Masduki mengusung tema pemerintahan yang bersih dalam kampanye pemilihan gubernur (pilgub) Jawa Barat.

"Kami akan menawarkan pemerintahan yang bersih dan anti korupsi. Pemerintahan yang bersih ini menjadi target utama kami demi kesejahteraan rakyat Jabar," kata Teten usai turun dari kereta dan tiba di Bandung, Sabtu.

Menurut dia, program pemerintahan yang bersih menjadi target utama pasangan cagub dan cawagub PDI-P itu karena selama ini anggaran daerah dan potensi ekonomi daerah tidak bisa diterima atau sampai kepada masyarakat akibat pemerintahan yang dinilai tidak bersih.

"Dari sisi penerimaan anggaran dan potensi ekonomi daerah, kalaupun ada manfaatnya tapi itu hingga saat ini masih kurang bisa dinikmati oleh masyarakat," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Teten juga menawarkan program perubahan untuk Jawa Barat melalui pembangunan dan pengembangan ekonomi yang bersifat kerakyatan.

Dia juga mengatakan bahwa visi dan misi yang dimiliki dirinya dan Rieke sejalan dengan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo yang menjadi juru kampanye pasangan calon pimpinan daerah Jabar itu.

"Kami berdua memang sejalan dengan apa yang menjadi visi dan misi Pak jokowi, yaitu untuk perubahan Indonesia. Dan kami akan memulai itu dari Jawa Barat," kata Teten.

Sementara itu, Jokowi menyatakan siap mendukung pasangan Cagub dan Cawagub Jawa Barat Rieke dan Teten.

Jokowi mengatakan dalam waktu sembilan hari kedepan, akan ada kejutan dalam Pilkada Jawa Barat.

"Saya yakin sembilan hari kedepan ini akan ada kejutan, datang ke TPS dan berbondong-bondong karena masyarakat ingin perubahan, rindu perubahan," ujar Jokowi.

Gubernur DKI Jakarta itu bahkan menyatakan optimisme akan kemenangan pasangan Rieke dan Teten di Pilgub Jawa Barat.

Dia juga menyatakan siap bekerjasama dengan pemerintah daerah (pemda) Jawa Barat dalam segala bidang, khususnya untuk mengatasi masalah banjir dan meningkatkan kualitas ekonomi rakyat.

"Saya kira mereka (Rieke dan Teten-red) akan menang. Ya nanti kalau yang menang bisa kerjasama dengan baik dalam penanganan masalah banjir maupun kerjasama perekonomian," kata Jokowi.

Pada kesempatan itu, Rieke mengajak masyarakat Jawa Barat untuk melakukan perubahan bersama.

"Tadi saya menyampaikan supaya kita bangkit bareng-bareng. Kami berdua, saya dan Teten sudah berjanji tidak akan korupsi karena kami tahu masyarakat butuh perubahan," katanya kepada para wartawan.

(Y012/E001)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013