Chengdu (ANTARA) - Turki membuka konsulat jenderal baru di Chengdu, Ibu Kota Provinsi Sichuan, China, Selasa (13/6), demikian menurut kantor urusan luar negeri provinsi tersebut.

Itu adalah kantor konsuler keempat Turki di China dan akan menangani urusan antara Turki dan Sichuan, Yunnan, dan Guizhou di China barat daya, serta Kota Chongqing.

Direktur Jenderal Departemen Urusan Konsuler di Kementerian Luar Negeri (Kemlu) China Wu Xi mengatakan bahwa pembukaan konsulat tersebut akan memberikan dorongan baru dan jendela untuk kerja sama yang saling menguntungkan serta pemahaman bersama antara China dan Turki.

Melihat potensi dan peluang kerja sama yang besar, Duta Besar Turki untuk China Ismail Hakki Musa mengatakan dalam upacara pembukaan bahwa berbagai upaya akan dilakukan demi menjalin kemitraan di bidang pariwisata, budaya, pendidikan, inovasi, serta ilmu pengetahuan dan teknologi.

Kerja sama ekonomi, perdagangan, dan pertukaran individu antara Sichuan dan Turki telah berkembang kuat selama bertahun-tahun. Pada 2022, total volume impor dan ekspor antara Sichuan dan Turki mencapai 8,2 miliar yuan atau naik 35,7 persen secara tahunan (yoy).
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023