Kabupaten Bogor (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bogor mengaku bangga atas lolosnya Desa Sukamaju, Kecamatan Cibungbulang dalam lima besar Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2023.

"Semoga bisa juara menjadi yang terbaik di Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2023," kata Kepala Dinas Pemberdayaan dan Desa (DPMD) Kabupaten Bogor Renaldi Yushab Fiansyah di Cibinong, Bogor, Rabu.

Baca juga: Lampung ajukan dua kabupaten dalam lomba teknologi tepat guna desa

Ia menjelaskan, terpilihnya Desa Sukamaju mewakili Kabupaten Bogor telah tertuang dalam Keputusan Bupati Bogor Nomor 400.10/248/Kpts/Per UU/2023, tentang Penetapan Pemenang Lomba Desa Tingkat Kabupaten Bogor tahun 2023.

Dengan rincian peringkat I Desa Sukamaju Kecamatan Cibungbulang, peringkat II Desa Paburaran Kecamatan Kemang, peringkat III Desa Cijujung Kecamatan Sukaraja dan Peringkat IV Desa Wanaherang Kecamatan Gunungputri.

Baca juga: Pemkab Kudus menyiapkan hadiah Rp450 juta untuk desa paling inovatif

Renaldi meminta kepada tim pembina Desa Sukamaju yang terdiri dari unsur BPBD, DPMD, Dinas Kesehatan, Dinas Ketahanan Pangan, Diskop UKM, Diskanak, Dinas Sosial, dan TP-PKK Kabupaten Bogor, untuk mengawal seluruh proses tahapan perlombaaan hingga tuntas agar menjadi yang terbaik dan mampu mengharumkan nama Kabupaten Bogor.

Sementara, Kepala Desa Sukamaju Cucum Ratna Suminar menjelaskan bahwa ada 11 inovasi yang dijalankan oleh pemerintah desa setempat yang mengantarkan Sukamaju menjadi juara I Lomba Desa Tingkat Kabupaten Bogor tahun 2023.

Baca juga: Kemendagri umumkan para pemenang Lomba Desa dan Kelurahan Tahun 2022

Ia menerangkan, 11 inovasi itu mencakup bidang pemerintahan, kewilayahan dan kemasyarakatan.

"Sebanyak 11 inovasi yang diantaranya untuk meningkatkan layanan kepada masyarakat, yang sudah berjalan dan menunjukkan hasilnya. Ini menjadi modal Desa Sukamaju optimis menjadi yang terbaik di Jawa Barat," kata Cucum.(KR-MFS)

Baca juga: Pemkab Pamekasan gelar lomba desa tematik untuk dorong ekonomi
Baca juga: Mendes PDTT: BUMDes-Desa Wisata ikon pemulihan ekonomi desa

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2023