Jakarta (ANTARA) - Aktor Kim Dong Wook berhasil mencuri perhatian penggemar drama Korea berkat perannya sebagai Yoon Hae Joon di drama "My Perfect Stranger" yang tayang di Viu.

Dalam drama tersebut, Kim Dong Wook memainkan karakter sebagai jurnalis yang profesional dan baik hati. Ia beradu akting dengan Jin Ki Joo yang berperan sebagai pembawa acara berita Baek Yoon Young.

Untuk mengenal lebih dekat Kim Doong Wook, berikut perjalanan karir aktor kelahiran 29 Juli 1983 itu, sebagaimana tertulis dalam siaran pers Viu, Rabu.

Mulai dengan film pendek

Kim Dong Wook memulai karier aktingnya dengan menjadi cameo di berbagai film pendek berjudul "Monitor" yang rilis tahun 2001.

Setelah itu, ia membintangi banyak film pendek termasuk film pendek Jepang berjudul "Seoul" (2002), "Super" (2003), "The Fever in Deep Blue Sea" dan The Apple" pada 2005, lalu "Burning Coals on His Head" dan "My Night with Miss Marple" (2006).

Berperan di drama terkenal

Saat debut akting di drama, Kim Dong Wook langsung berkesempatan membintangi drama populer "Coffe Prince" pada tahun 2007 sebagai salah satu pelayan di kafe Gong Yoo.

Sejak saat itu, Kim Dong Wook terus ditawarkan jadi pemeran di berbagai drama ternama lainnya seperti "Riders: Catch Tomorrow" (2015), "The Guest" (2018), "Special Labor Inspector" (2019), "Find Me in Your Memory" (2020), "You Are My Spring" (2021), dan dua drama yang tayang di Viu yaitu "My Perfect Stranger" serta "Delightfully Deceitful" yang sama-sama rilis di 2023.

Mencoba teater musikal

Kim Dong Wook juga ternyata memiliki minat di teater musikal. Debut musikal pertamanya adalah "On Air: Season 2" tahun 2008 yang diproduseri oleh teman kuliahnya di Korea National University of Arts.

Ia juga tampil di teater musikal "Brave Brothers" yang dia pentaskan dua kali yakni di tahun 2009 dan 2005. Ia juga berhasil memberikan penampilan terbaiknya saat memerankan tokoh utama pria di teater musikal "Legally Blonde" (2010).

Proyek film box office

Keterampilannya di film pendek telah membawa Kim Dong Wook mendapatkan peran di film box office seperti "Take Off" yang termasuk salah satu film paling diminati tahun 2009.

Ia juga berperan di film "Along with the Gods: The Two Worlds" (2017) yang merupakan adaptasi dari cerita webtoon. Pada tahun 2018, film tersebut dibuat sekuelnya dengan judul "Along with the Gods: The Last 49 Days". Kedua film itu sama-sama termasuk film terlaris dalam sejarah perfilman Korea.

Banjir penghargaan

Berbagai penghargaan telah didapatkan oleh Kim Dong Wook, seperti Ensemble Acting Award dari Chunsa Film Art Awards 2009 dan Best New Actor dari Max Movie Awards 2010 untuk film "Take Off".

Ia juga berhasil mendapatkan Top Excellence Award, Actor dari Korea Drama Awards 2019 dan Best Actor dari Seoul International Drama Awards 2019 berkat perannya di drama "Special Labor Inspector".

Tak hanya itu, "Along with the Gods: The Two Worlds" juga membawa Kim Dong Wook berhasil meraih Best Supporting Actor dari tiga acara penghargaan, yaitu Golden Cinema Film Festival, Korea Best Star Awards, dan Chunsa Film Art Awards 2018.

Baca juga: Kim Dong Wook dikabarkan akan tampil di "You, Whom I Meet By Chance"

Baca juga: Rekomendasi tontonan serba Korea di Viu untuk temani Anda selama Juni

Baca juga: Lima fakta menarik Oh Sehun EXO perankan Go Yoo di "Al That We Loved"



 

Pewarta: Suci Nurhaliza
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2023