Manila (ANTARA) - Kapal latih Angkatan Laut (AL) China, Qi Jiguang (Hull 83), menjalani misi kunjungan dan pelatihan kadet di laut jauh dan tiba di Pelabuhan Selatan di Manila, Filipina, Rabu pagi (14/6), untuk memulai kunjungan persahabatan selama tiga hari.

Kedatangan kapal latih TNI AL China itu disambut Duta Besar China untuk Filipina Huang Xilian, Atase Pertahanan China untuk Filipina Li Jianzhong, staf Kedutaan Besar China di Filipina, perwakilan perusahaan China, asosiasi dan pelajar asal China, serta perwakilan AL Filipina.

Dalam kunjungannya ke Filipina, para komandan kapal itu melakukan kunjungan kehormatan ke komandan AL Filipina dan pejabat Departemen Pertahanan Nasional Filipina, serta menghadiri jamuan makan malam. Para awak kapal juga mengunjungi kapal AL milik Filipina serta mengadakan kegiatan budaya dan olahraga persahabatan dengan para perwira Filipina.

Kunjungan kapal latih Qi Jiguang itu merupakan yang pertama ke Filipina. Selama berada di sana, kapal tersebut akan dibuka untuk umum. Acara resepsi di dek kapal juga akan diselenggarakan.

Qi Jiguang merupakan nama seorang pahlawan nasional dari era Dinasti Ming China. Kapal itu pada Februari 2017 ditugaskan sebagai kapal latih profesional buatan China yang terbesar dan paling modern.

Pewarta: Xinhua
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023