... ebih banyak pembeli ketimbang yang menjual emas... "
Makassar (ANTARA News) - Harga emas di pusat penjualan emas Makassar mengalami penurunan harga Rp2.000 per gram dibandingkan harga sebelumnya.

"Hal ini mendong animo pembeli untuk membeli perhiasan emas, dibanding pekan lalu," kata salah seorang pedagang emas Li Tiang, di Jalan Somba Opu, Makassar, Senin.

Dia mengatakan, saat ini harga jual rata-rata Rp568.000 per gram untuk emas 23 karat, padahal akhir pekan lalu harganya masih tercatat Rp570.000 per gram.

Menurut dia, pada saat harga emas naik, pembeli lebih cenderung menjual emas ketika membutuhkan dana cepat. Namun pada saat harga emas mulai menurun, pembeli cenderung lebih banyak dibanding kondisi normal.

"Meskipun hujan terus mengguyur, namun pembeli tetep berdatangan untuk membeli perhiasan," katanya.

Kondisi serupa juga terjadi di Kantor PT Aneka Tambang Tbk (Antam) yang berlokasi di Jalan Dr Ratulangi, Makassar.

Menurut salah seorang staf penjualan di perusahaan tersebut, Damayanti, lebih banyak pembeli ketimbang yang menjual emasnya. Hal itu dipicu karena harga emas pada Senin (18/2) mengalami penurunan Rp2 ribu dibandingkan hari-hari sebelumnya.

Hal itu diakui salah seorang pembeli di PT Antam, Jumriati di Makassar.

Dia mengatakan, berinvestasi emas tidak akan rugi, karena harga emas cenderung meningkat terus. Kalau pun terjadi penurunan harga, tidahlah seberapa besarnya. (*)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013