kita mencoba untuk melibatkan lebih banyak generasi-generasi muda
Jakarta (ANTARA) - Deputi Bidang Pengembangan Wilayah dan Tata Ruang Kemenko Perekonomian Wahyu Utomo menilai perlu adanya keterlibatan penuh generasi muda dalam diseminasi informasi berbagai kebijakan pemerintah, seperti yang terkait dengan Proyek Strategis Nasional (PSN).

“Kita mendorong agar generasi muda ini terlibat, jadi dari kegiatan yang kita coba lakukan, kita mencoba untuk melibatkan lebih banyak generasi-generasi muda. Generasi muda ini seharusnya mulai memiliki sense of willingness dan sense of belonging untuk meyakini apa yang dibangun ini bermanfaat untuk dirinya dan juga generasi ke depan,” kata Wahyu melalui keterangan tertulis di Jakarta, Kamis.

Pernyataan Wahyu Utomo tersebut disampaikannya dalam Rapat Koordinasi Penguatan Jaringan Orkestrasi Publikasi Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

Pada rapat tersebut, lanjut dia, ada beberapa gagasan yang dikemukakan, antara lain diperlukan riset atau analisis mengenai media informasi yang saat ini masif digunakan publik, serta melakukan pendekatan penyampaian informasi yang lebih mudah dipahami berbagai kalangan, termasuk generasi muda.

Selain itu, dibutuhkan pula kreativitas dan inovasi dalam menyajikan konten informasinya.

Penyajian konten informasi disarankan dapat dalam bentuk produk visual berupa publikasi videografis singkat, sehingga masyarakat dapat dengan mudah memperoleh poin penting dari setiap informasi yang disampaikan.

Oleh karena itu, untuk semakin mengoptimalkan hal tersebut keterlibatan generasi muda dalam berbagai sektor dinilai perlu terus didorong, salah satunya pada sektor komunikasi publik terkait kebijakan pemerintah, kata Wahyu Utomo.

Apalagi bonus demografi diproyeksikan akan terus mengalami pertumbuhan. Indonesia akan mempunyai tenaga kerja produktif yang tinggi yang didominasi dari kalangan generasi muda.

Berbagai gagasan menarik dalam diskusi interaktif tersebut turut menjadi masukan positif dalam penguatan strategi komunikasi publik di lingkungan Kemenko Perekonomian, serta menjadi wujud konkret kepedulian generasi muda untuk ikut serta dalam mendukung dan menyebarluaskan berbagai informasi terkait kebijakan pemerintah.

Baca juga: Indonesia punya momentum sangat penting selama 10-13 tahun ke depan
Baca juga: Pengelola media sosial pemerintah bantu maksimalkan diseminasi Informasi
Baca juga: Bappenas: Teknologi dapat dukung capaian pembangunan berkelanjutan


Pewarta: Bayu Saputra
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2023