Padang (ANTARA) -
Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi melepas 5.600 mahasiswa Universitas Negeri Padang (UNP) yang akan menjalankan Kuliah Kerja Nyata (KKN) angkatan II tahun 2023.
 
"KKN adalah waktu yang diberikan universitas untuk mengimplementasikan teori-teori, ilmu yang didapatkan di kuliah pada kehidupan nyata. Ini adalah langkah awal untuk menjadi pemimpin di masa depan," katanya saat prosesi pelepasan di Padang, Kamis.
 
Ia mengatakan saat berintegrasi langsung dengan masyarakat, mahasiswa KKN harus bisa menginventarisasi permasalahan yang ada, kemudian mengkapitalisasi potensi di daerah itu untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

Baca juga: UNP persiapkan lulusan terserap dunia usaha dan industri
 
Menurutnya, banyak persoalan yang saat ini terjadi di tengah masyarakat, seperti pelecehan seksual yang kadangkala tidak masuk akal, penyalahgunaan narkoba, perbuatan menyimpang lainnya hingga stunting.
 
Untuk menyelesaikan persoalan tersebut, tidak bisa hanya mengandalkan pemerintah saja. Perlu dukungan dari semua pihak, termasuk perguruan tinggi dan mahasiswa. "Kuncinya adalah kolaborasi. Kerja sama, karena dengan itulah semua permasalahan bisa diselesaikan," ujarnya.
 
Ia yakin dan percaya dengan latar belakang keilmuan yang dimiliki, mahasiswa bisa ikut membantu menyelesaikan permasalahan di tengah masyarakat, salah satunya ketika melaksanakan KKN.
 
Sementara itu Rektor UNP Prof Ganefri Ph.D mengatakan universitas itu rutin mengirimkan mahasiswa untuk melaksanakan KKN setiap tahun.
 
"Rata-rata ada 10 ribu mahasiswa UNP yang melaksanakan KKN dalam dua gelombang. Mahasiswa KKN yang dilepas hari ini adalah gelombang II tahun 2023," katanya.
 
Ia berharap mahasiswa yang melaksanakan KKN bisa menunjukkan integritasnya sebagai cendekiawan dan memberikan kontribusi serta manfaat bagi masyarakat.
 
Ia memberikan apresiasi kepada Pemprov Sumbar yang memberikan dukungan cukup besar terhadap pelaksanaan KKN melalui organisasi perangkat daerah (OPD) terkait.

Baca juga: Pramuka UNP berikan pemulihan trauma anak korban gempa Pasaman Barat

Baca juga: Universitas Negeri Padang siap gelar pertandingan untuk POMNas 2022
 
"Kerja sama UNP dengan OPD Pemprov Sumbar ini diharapkan bisa memaksimalkan potensi mahasiswa dalam pelaksanaan KKN," ujarnya.
 
Selain pelepasan mahasiswa KKN, dalam kesempatan yang sama juga digelar Seminar Nasional Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual di Lingkungan Perguruan Tinggi.
 
Hadir sebagai pembicara Irjen Kemendikbudristek, Chatarina Muliana Girsang dan Ketua Satgas PPKS UNP Dr Fatmariza, H, M. Hum.

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023