Ambon (ANTARA) – Kepala Bea Cukai Ambon, R. Teddy Laksmana, melepas ekspor komoditas pala dan cengkeh PT Kamboti Rempah Maluku, di Pelabuhan Yos Sudarso, Ambon, pada Selasa (13/06). Pelepasan ekspor ini turut dihadiri oleh perwakilan Kanwil Bea Cukai Maluku, Disperindag Maluku, Stasiun Karantina Pertanian Kelas 1 Ambon, Otoritas Kompeten Keamanan Pangan Daerah (OKKPD), Bank Indonesia, dan Sekretariat Daerah Provinsi Maluku.

PT Kamboti Rempah Maluku berhasil melakukan ekspor biji pala, bunga pala, dan gagang cengkeh seberat 14.825 kg dengan negara tujuan Belanda. Nilai devisa ekspor yang dihasilkan mencapai 68.069 USD. Barang ekspor milik PT Kamboti Rempah Maluku dikemas dalam peti kemas dan dimuat ke kapal KM Meratus Palembang kemudian diangkut ke Pelabuhan Tanjung Perak. Setibanya di Pelabuhan Tanjung perak, seluruh barang ekspor akan di-restuffing ke kontainer ekspor untuk dimuat lagi ke kapal WAN FU DA menuju ke negara tujuan ekspor Belanda.

“Keberhasilan ekspor ini tak terlepas dari sinergi dan kolaborasi PT Kamboti Rempah Maluku dengan Bea Cukai Ambon dan segenap instansi terkait. Semoga sinergi dan kolaborasi yang baik ini selalu terjaga demi memajukan perekonomian di Maluku,” pungkas Teddy.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023