Kuching (ANTARA) - Maskapai penerbangan AirAsia resmi membuka penerbangan baru rute Jakarta menuju Kuching, Malaysia pada Kamis (15/6).

Direktur Operasi Indonesia AirAsia, Kapten Wuri Septiawan menyampaikan bahwa rute tersebut saat ini menjadi satu-satunya penerbangan langsung Jakarta-Kuching dan menandai komitmen AirAsia untuk mendukung kerja sama pemerintah Indonesia dan Malaysia.

"Kami turut mendukung kerja sama kedua negara, khususnya negara bagian Sarawak, dalam meningkatkan konektivitas dan mempercepat pemulihan sektor pariwisata," katanya.

Ia menjelaskan, penerbangan dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta ke Bandara Internasional Kuching PP saat ini dilayani sebanyak tiga kali dalam sepekan, yakni pada hari Selasa, Kamis, dan Sabtu.

Baca juga: airasia ride luncurkan fitur pemesanan taksi online antarnegara

Namun demikian, peluang untuk memperluas layanan ini akan terus dievaluasi berdasarkan permintaan penumpang dan animo masyarakat.

Menurut dia, pembukaan rute ini tidak hanya untuk mempercepat pemulihan industri pariwisata, tetapi juga untuk mempererat hubungan dan menjajaki peluang kerja sama antara Indonesia dan Malaysia.

"Dengan rute ini, kami berharap semakin banyak tamu kami yang dapat melakukan perjalanan antara Jakarta dan Kuching dengan mudah dan terjangkau, baik untuk liburan maupun bisnis," ujarnya.

Ia menyampaikan, tarif promo sekali jalan tersedia di Airasia Superapp, website airasia.com, online travel agent, dan agen perjalanan lainnya mulai dari Rp899 ribu sekali jalan (Jakarta-Kuching) dan RM119 sekali jalan (Kuching-Jakarta).

Tarif spesial tersebut sudah dapat dipesan oleh calon penumpang sejak hari ini hingga 18 Juni 2023 untuk jadwal terbang antara hari ini hingga 14 Desember 2023.

Adapun rute baru yang dioperasikan oleh Indonesia AirAsia ini menandai rute internasional keempat AirAsia yang menghubungkan Sarawak ke Kawasan Asean, setelah rute AirAsia Malaysia dari Kuching, Miri dan Sibu ke Singapura yang diluncurkan tahun lalu.

"Ini adalah pertama kalinya AirAsia menerbangi rute ini dan menjadi satu-satunya maskapai yang menerbangi rute ini. Kami yakin dengan dukungan dan kerja sama semua pemangku kepentingan, jalur ini dapat menjadi populer dan berkelanjutan," katanya.

Baca juga: Rekomendasi destinasi wisata di Bali saat liburan sekolah

Baca juga: airasia Superapp dukung potensi kenaikan kunjungan wisatawan ke Bali

Baca juga: airasia Superapp jalin komitmen dengan Swiss-Belhotel International

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023