Saya lapor ke Pak Presiden, kemarin bertemu dengan calon 'Depok pertama', Mas Kaesang
Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia Raja Juli Antoni pada Kamis siang mendatangi Istana Kepresidenan Jakarta untuk bertemu Presiden RI Joko Widodo dan melaporkan hasil pertemuan dengan Kaesang Pangarep.

"Saya lapor ke Pak Presiden, kemarin bertemu dengan calon 'Depok pertama', Mas Kaesang," kata Raja singkat kepada awak media selepas bertemu Presiden.

Menurut Raja, yang juga menjabat Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional, Presiden Jokowi hanya senyum-senyum menerima laporan bahwa ia sudah melakukan pertemuan dengan putra bungsu Kepala Negara tersebut.

Raja juga memberi sinyal bahwa PSI akan berusaha untuk mengusung Kaesang sebagai bakal calon Wali Kota Depok dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024.

"Pokoknya tadi saya lapor bertemu calon Depok pertama. Insya Allah," ujarnya.

Baca juga: Jokowi serahkan ke Kaesang jika ingin maju Pilkada Depok 2024

Baca juga: Gibran enggan tanggapi rumor Kaesang maju Pilkada 2024


Keinginan Kaesang terjun ke dunia politik pertama kali diungkapkan oleh putra sulung Presiden Jokowi yang juga menjabat Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka, pada akhir Januari 2023.

Belakangan keinginan tersebut seperti disambut oleh PSI, yang beberapa waktu terakhir menempatkan sejumlah baliho di sudut-sudut kota Depok bertuliskan "PSI Menang, Wali Kota Kaesang".

Kaesang lantas pada Jumat (9/6) pekan lalu mengunggah sebuah video berdurasi 1 menit 44 detik dengan judul "KLARIFIKASI. SAYA BUKA SUARA" melalui kanal YouTube resminya Kaesang Pangarep by GK Hebat.

Dalam video tersebut, Kaesang menyampaikan sudah mendapat restu dari keluarga dan siap untuk maju sebagai "Depok pertama", meski ia tak menjelaskan lebih lanjut makna terma tersebut.

"Saya Kaesang Pangarep. Saya sudah dapat izin dan restu dari keluarga saya. Insya Allah dengan ini saya siap untuk hadir menjadi Depok pertama. Mohon dukungannya, merdeka," kata Kaesang dalam video tersebut.

Lantas pada Rabu (14/6) Presiden Jokowi menyatakan dirinya menyerahkan sepenuhnya kepada Kaesang apabila ingin berkontestasi dalam Pilkada Depok 2024.

"Saya itu terbiasa ya, terbiasa kalau yang namanya anak sudah berkeluarga, saya punya anak sudah berkeluarga, itu tanggung jawabnya ada sudah di mereka. Tugasnya orang tua itu merestui dan mendoakan,"

Apabila Kaesang resmi maju dalam Pilkada Depok 2024, maka lengkap sudah keberadaan tiga garis keturunan Jokowi di dalam dunia politik.

Baca juga: Jokowi bebaskan Kaesang terjun dunia politik

Sebab, selain Gibran yang menjabat Wali Kota Surakarta, menantu Jokowi atau suami dari Kahiyang Ayu yakni Bobby Nasution juga sudah aktif di dunia politik praktis dan kini menduduki jabatan Wali Kota Medan.

Sebagai informasi, seturut UU Pilkada calon kepala daerah bisa diusung melalui jalur perseorangan apabila memenuhi syarat dukungan jumlah penduduk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada pemilu paling akhir.

Selain itu calon kepala daerah juga bisa diusung oleh partai politik atau gabungan partai politik yang memiliki sedikitnya 20 persen jumlah kursi DPRD setempat atau 25 persen suara sah di daerah setempat.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2023