Jakarta (ANTARA) - PT PGN Tbk, sebagai Subholding Gas PT Pertamina (Persero), memasok kebutuhan gas bumi PT Lotte Chemical Indonesia (LCI) di Cilegon, Banten, dengan volume 2,62-10,5 BBTUD.

Seremoni Penyerahan Perjanjian Jual Beli Gas antara PGN dan LCI, industri petrokimia skala besar di Asia Tenggara, telah dilaksanakan di Cilegon, Banten, Rabu (14/6/2023).

General Manager PGN Sales Operation Region II (SOR II) Sonny Rahmawan Abdi dalam keterangannya di Jakarta, Kamis mengatakan gas bumi, yang ditargetkan masuk (gas in) pada Juni 2024, akan digunakan LCI untuk bahan bakar boiler dengan produk utama etilen.

"PGN akan membangun infrastruktur distribusi gas MRS dan pipa gas menuju boiler milik LCI untuk gas in pada Juni 2024. Ini merupakan wujud komitmen PGN untuk memperluas penyaluran gas bumi kepada industri. LCI ini merupakan new plant, kami harapkan dengan volume kebutuhan yang cukup besar, dapat diserap secara optimal dan bermanfaat untuk produksi," ujarnya.

Ia pun berharap industri lainnya menggunakan gas bumi untuk menopang produksi dan meningkatkan daya saingnya. Gas bumi yang relatif lebih ramah lingkungan memberi peluang bagi LCI menjadi industri hijau.

Sonny menambahkan penyaluran gas bumi ke LCI menjadi kebanggaan bagi PGN, karena memberi andil terhadap investasi industri strategis pemerintah dalam rangka mengurangi impor.

LCI yang merupakan bagian grup perusahaan petrokimia Lotte Chemical Corporation, yang berbasis di Korea Selatan, akan memenuhi kebutuhan domestik maupun global.

Menurut dia, hasil produksi LCI dapat menjadi substitusi produk kimia impor yang kini cukup besar, sehingga dapat membantu menjaga neraca perdagangan Indonesia.

"Dampak yang besar juga akan bermanfaat dalam memberikan nilai tambah bagi perekonomian Indonesia," ujarnya.

Sonny juga mengatakan penyaluran gas bumi ke LCI menambah portofolio PGN di wilayah Jawa bagian barat yang dikelola SOR II khususnya area Cilegon.

PGN Area Cilegon mengelola jaringan pipa gas sepanjang 319,3 km dengan jumlah pelanggan mencapai 10.341 pelanggan mulai dari rumah tangga, pelanggan kecil/usaha kecil, komersial, dan industri.

Sepanjang 2023, PGN Area Cilegon mampu menyalurkan gas bumi sebesar 88-106 BBTUD.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Lotte Chemical yang telah memberikan kepercayaan kepada PGN untuk menyuplai gas bumi. Hal ini menjadi booster untuk meningkatkan performa menjalankan bisnis utilisasi gas bumi untuk industri," ujar Sonny.

PGN SOR II melayani pelanggan di wilayah Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, dengan area terdiri atas Jakarta, Bogor, Tangerang, Cilegon, Bekasi, Karawang, dan Cirebon.

Baca juga: ReforMiner minta pemerintah prioritaskan pemenuhan gas domestik
Baca juga: Jokowi minta komitmen cari solusi pasokan gas pabrik pupuk di Aceh
Baca juga: SKK Migas jamin pasokan gas untuk industri pupuk tahun depan
Baca juga: Rusia nyatakan siap lanjutkan pemasokan gas ke Eropa

 

Pewarta: Kelik Dewanto
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023