Jakarta (ANTARA) - Direktur Pemrogaman Surya Citra Media (SCM) Harsiwi Achmad menjanjikan tayangan Liga 1 2023/2024 akan lebih baik dari musim-musim sebelumnya.

Setelah diumumkan bahwa pemegang hak siar Liga 1 musim depan adalah PT Elang Mahkota Teknologi (Emtek Group), Harsiwi mengatakan tayangan kompetisi sepak bola teratas Indonesia itu akan lebih menarik pada musim depan karena ada beberapa pembaharuan seperti kualitas gambar, kualitas produksi, dan kualitas kemasan tayangan.

“Yang jelas adalah kita akan meningkatkan kualitas, kalo pak Eto dan pak Ferry kan sudah nanti di lapangan meningkat, untuk tayangan kita yang pasti pertama lebih kinclong karena penerimaan gambarnya sudah digital,” kata Harsiwi saat menghadiri acara konferensi pers Liga 1 2023/2024 di SCTV Tower, Jakarta, Kamis,

“Kedua, nanti produksinya, seperti yang kita sampaikan, kita mempunyai catatan-catatan untuk perbaikan ke depan untuk produksi, khususnya produksi show di lapangan,” tambahnya.

Baca juga: Emtek Group kembali jadi pemegang hak siar Liga 1 2023/2024

“Terus kemudian ketiga adalah look dari kemasannya, kita mau kemasannya standart internasional. Oleh karena itu gak mau grafisnya kita gak mau foto-foto pemain dan sebagainya, sehingga kita membuat sedemikian rupa sehingga menjadi lebih atraktif,” imbuhnya.

Dari segi set, Harsiwi mengatakan pihaknya akan menyiapkan set khusus untuk memanjakan mata penonton di rumah.

“Set-nya akan kita buat elegan, kita gak mungkin pakai green screen karena gak bagus buat ditonton penonton di rumah. Termasuk tata lighting kita perhatikan meskipun durasinya gak panjang,” kata Harsiwi.

Untuk menjaga kedekatan dengan penonton sepak bola Indonesia, Harsiwi juga meminta pada komentator untuk tetap menyapa para penonton daerah sesuai asal klub yang bertanding seperti yang terjadi pada tayangan Liga 1 2022/2023.

Baca juga: PSSI minta keuangan PT LIB diaudit sebelum musim baru Liga Indonesia

“Dua, kita akan terus men-encourage khususnya untuk komentator menyapa penonton daerah sekitarnya. Karena itu penting banget, misalnya Persija main maka masyarakat Jakarta akan kita sapa,” ucap Harsiwi.

“Karena itu bagaimana kita mendekatkan dengan entitas penonton bola yang ada di Indonesia,” tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Harsiwi juga mengatakan pihaknya akan menghadirkan liputan khusus menjelang pertandingan dan juga sesudah pertandingan.

“Kita juga akan melakukan untuk super big match misalnya, kita akan melakukan live dari stadion, breaking news sebelumnya untuk melihat persiapannya,” ucap Harsiwi.

Baca juga: Erick Thohir serahkan jadwal Liga 1 Indonesia 2023/24 kepada Kapolri

"Kita juga punya soccer lover berisi higlight bola yang tayang khusus di Vidio yang isinya pastinya tentang higlight Liga 1 apa yang terjadi di Minggu tersebut,” lanjutnya.

Mengenai pembaharuan dari segi tayangan yang ia ungkap di atas dan juga terobosan baru yang diprakarsai oleh Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Indonesia (Ketum PSSI) Erick Thohir dan Dirut PT LIB Indonesia Ferry Paulus, ia yakin tontonan Liga 1 musim depan akan jauh lebih menarik dari musim-musim sebelumnya.

“Seperti kata pak Erick dan pak Ferry betapa nanti banyak perubahan yang dilakukan, tetapi yang jelas itu akan menjadikan Liga 1 nanti akan jauh lebih meledak dari sebelum-sebelumnya,” tutupnya.

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023