Bandung (ANTARA) - Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto mengatakan dirinya tidak ragu untuk menghapus budaya korupsi di sektor industri pertahanan berupa budaya mark up (penggelembungan), bohong, dan menipu.

“Presiden kita, Pak Jokowi, tak ragu bertindak, dan saya pun tidak ragu bertindak. Budaya mark up yang kelewatan luar biasa, budaya bohong dan menipu, harus kita hilangkan dari industri pertahanan kita,” kata Prabowo dalam acara The 1st DEFEND ID’s Day di Hanggar PT Dirgantara Indonesia, Bandung, Kamis.

Prabowo mengatakan, Indonesia perlu bersyukur karena inflasi di Tanah Air terbilang salah satu paling rendah di antara negara lain di tengah krisis dunia saat ini.

“Kita bersyukur di saat krisis dunia, krisis akibat COVID-19, perang ukraina yang dahsyat, harga barang penting naik, harga energi naik, harga pupuk naik, harga pangan naik, kita bersyukur di Indonesia inflasi kita salah satu paling rendah di dunia,” ujarnya.

Menurutnya, pencapaian tersebut bukanlah prestasi yang sepele karena inflasi adalah momok bagi seluruh negara di dunia. Dia menyebut strategi yang dijalankan oleh pemerintah Indonesia sudah berada di jalur yang benar.

“Argentina inflasinya lebih dari 100 persen, Turki 85 persen, negara-negara tetangga kita banyak ekonomi ambruk. Beberapa negara di kawasan kita sudah tidak bisa bayar gaji, uangnya habis, produksinya enggak ada,” kata Prabowo.

Namun begitu, Prabowo menilai masih banyak kekurangan yang perlu diatasi di Indonesia, mulai dari budaya pemborosan hingga korupsi.

"Kita mengerti bersama masih banyak terjadi di negara kita budaya-budaya yang tidak baik, budaya pemborosan, kebocoran, korupsi, budaya macam-macam, setiap pemimpin Indonesia akan menghadapi tantangan ini dan harus kita atasi dengan sebaik-baiknya," kata Menhan.

Pada kesempatan yang sama, Prabowo menyebut industri pertahanan adalah hal yang vital bagi kemerdekaan dan kedaulatan bangsa karena Indonesia merupakan negara yang besar dan kaya akan sumber daya.

"Industri pertahanan adalah bagian vital, bagian yang menentukan dari kemerdekaan kita, kedaulatan kita," ujarnya.

Prabowo menyebut dengan kekayaan yang dimiliki itu, Indonesia tidak boleh lengah akan potensi bahaya yang ditimbulkan. Dia menambahkan, kekuatan pertahanan Indonesia adalah mutlak karena dirinya menilai persaingan antarbangsa dewasa ini semakin keras.

Baca juga: Menhan jelaskan alasan pembelian 12 pesawat Mirage 2000-5

Baca juga: Menhan Prabowo buka suara terkait proposal Ukraina-Rusia

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2023