... itu proyek yang sangat mahal... "
Moskow, Rusia (ANTARA News) - "Kota Sochi, Rusia, siap menyelanggarakan ajang balap Formula Satu pada November 2014, kata Walikota Sochi, Anatoly Pakhomov, Senin waktu setempat. Kota itu juga jadi tuan rumah Olimpiade Musim Dingin 2014.

"Setelah Olimpiade, Sochi akan menjadi tuan rumah balap Formula Satu pada November," kata Pakhomov kepada Kantor Berita Rusia RIA-Novosti. "Konstruksi sirkuit balap sudah dijadwalkan," tambahnya.

Wakil Gubernur Krasnodar di mana Sochi berada, Nikolai Baturlakin, memaparkan hampir 50 persen sirkuit Formula Satu di arena Olimpiade Sochi telah rampung sesuai jadwal.

Dalam kesepakatan pada 2010, Russia tuan rumah satu seri Formula Satu dari 2014-2020; menggunakan infrastruktur yang juga dibangun untuk Olimpiade termasuk bentangan jalan umum.

Baturlakin mengatakan biaya keseluruhan dari pembangunan jalur balap dan segala infrastruktur yang terkait, dapat mencapai delapan juta rubles atau 266 juta dollar AS.

"Jelas, itu proyek yang sangat mahal," katanya.

Bulan Februari ini, Presiden Rusia, Vladimir Putin, telah bertemu Direktur Formula Satu, Bernie Ecclestone, di Sochi dan meyakinkan dia, Rusia siap menyelanggarakan ajang balap F1 di Rusia setelah Olimpiade Musim Dingin.

Bersama Olimpiade 2014 dan Piala Dunia 2018, penyelenggaraan ajang balap Formula Satu merupakan fokus rencana Putin untuk membuat Rusia dikenal sebagai penyelenggara ajang olahraga internasional.

(I029/K007) 

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013