Istanbul (ANTARA) - Sebuah perayaan digelar di Istanbul, Turki, Kamis (15/6), guna memperingati Festival Perahu Naga China yang jatuh pada 22 Juni.

Acara yang diselenggarakan Institut Konfusius Universitas Okan Istanbul itu menyuguhkan berbagai kegiatan seperti mencicipi Zongzi, sebuah pangsit berbentuk piramida yang terbuat dari beras ketan dan dibungkus dengan daun bambu atau alang-alang.

Selain itu, digelar pula pertunjukan kaligrafi China serta upacara minum teh tradisional China.
 
   Para tamu belajar tentang Kaligrafi China selama perayaan Festival Perahu Naga China di Istanbul, Turki, Kamis (15/6/2023). (ANTARA/Xinhua/Omer Kuscu)


Festival Perahu Naga, yang dirayakan pada hari kelima di bulan kelima kalender lunar China, diperingati untuk mengenang Qu Yuan (sekitar 340-278 SM), seorang penyair yang saat ini dikenal karena patriotisme dan kontribusinya terhadap sajak klasik. Turki dan China selalu mementingkan kerja sama antarbudaya.

Wakil Konsulat Jenderal China di Istanbul Wu Jian berterima kasih kepada para partisipan yang merayakan salah satu festival paling kuno di China itu bersama-sama. Wu mengatakan festival tersebut merupakan momen penting untuk menunjukkan persatuan dan solidaritas

Sementara itu, Wakil Presiden Universitas Okan Guliz Mugan mengatakan bahwa Institut Konfusius di universitas tersebut melakukan banyak upaya untuk lebih memperkenalkan budaya China kepada warga Turki melalui acara-acara publik.
Wakil Konsulat Jenderal China di Istanbul Wu Jian menyampaikan pidato pada perayaan Festival Perahu Naga China di Istanbul, Turki, Kamis (15/6/2023). (ANTARA/Xinhua/Omer Kuscu)



 

Pewarta: Xinhua
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023