Hal ini diharapkan semakin mendorong Pertamina untuk bekerja lebih cepat, agresif, dan efisien, yang sejalan dengan upaya Pertamina menjadi pemimpin di transformasi energi
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pada Jumat, melakukan perubahan direksi PT Pertamina (Persero) melalui Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Corporate Secretary Pertamina Brahmantya Satyamurti Poerwadi menjelaskan bahwa melalui RUPS tersebut maka Menteri BUMN Erick Thohir telah melengkapi jajaran direksi Pertamina.

“Hal ini diharapkan semakin mendorong Pertamina untuk bekerja lebih cepat, agresif, dan efisien, yang sejalan dengan upaya Pertamina menjadi pemimpin di transformasi energi,” jelas Brahmantya dalam keterangan resmi di Jakarta, Jumat.

Kementerian BUMN melengkapi jajaran direksi Pertamina dengan mengangkat Alfian Nasution sebagai Direktur Logistik dan Infrastruktur Pertamina, serta menunjuk Erry Widiastono sebagai Direktur Penunjang Bisnis Pertamina.

Keputusan tersebut tertuang dalam SK-122/MBU/06/2023 tentang Pengalihan Tugas dan Pengangkatan Anggota-anggota Direksi Perusahaan Perseroan (Persero) PT Pertamina.

Brahmantya mengungkapkan Alfian Nasution kini menjabat sebagai Direktur Logistik dan Infrastruktur Pertamina yang sebelumnya dijabat oleh Erry Widiastono. Sebelum ditunjuk sebagai direksi Pertamina, Alfian merupakan Direktur Utama PT Pertamina Patra Niaga, Subholding Commercial and Trading Pertamina.

Alfian telah berkarir di Pertamina Group sejak lama, sehingga memiliki pengalaman yang tidak diragukan di bidang pemasaran dan perkapalan Pertamina, serta pernah menjabat sebagai Direktur Pemasaran PT Pertamina International Shipping (PIS).

Sementara itu, Erry Widiastono kini ditugaskan menjadi Direktur Penunjang Bisnis Pertamina. Sebelumnya, Erry juga memiliki pengalaman di bidang pemasaran dan perkapalan serta logistik dan infrastruktur Pertamina.

Dengan perubahan jajaran direksi tersebut, saat ini susunan Direksi Pertamina meliputi Direktur Utama Nicke Widyawati, Direktur Strategi, Portofolio, dan Pengembangan Usaha Salyadi Dariah Saputra, Direktur Logistik dan Infrastruktur Alfian Nasution, Direktur Keuangan Emma Sri Martini, Direktur Penunjang Bisnis Erry Widiastono, serta Direktur Sumber Daya Manusia Erry Sugiharto.


Baca juga: Pertamina: Pengoperasian MLN Aljazair untuk ketahanan energi nasional
Baca juga: Pengamat: Kinerja PGEO sinyal positif bagi pengembangan EBT Indonesia
Baca juga: Pertamina Patra Niaga catat laba bersih 193,07 juta dolar AS di 2022

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2023