Jakarta (ANTARA) - Kementerian Sosial (Kemensos) menyalurkan bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial (Atensi) kepada 75 penerima manfaat dengan nilai total Rp172.185.000 di Kabupaten Sumba Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Pekerja Sosial Sentra Efata Kupang Ricky Hilmansyah dalam keterangan tertulis diterima di Jakarta, Jumat, mengatakan pihaknya telah melakukan asesmen kepada masing-masing penerima manfaat sebelum memberi bantuan.

"Sebelumnya mereka telah diasesmen kebutuhannya agar bantuan yang diberikan sesuai dengan kebutuhannya," kata dia.

Para penerima manfaat meliputi kelompok rentan, lanjut usia dan penyandang disabilitas.

Dari hasil asesmen tersebut, Kemensos memberikan bantuan berupa lima sepeda motor roda tiga, 41 paket bantuan kewirausahaan (usaha kios, ternak ayam potong, ternak babi, ternak kambing), dua paket peralatan sekolah, serta 27 paket pemenuhan hidup layak.

Baca juga: Kemensos salurkan bantuan Atensi untuk 100 warga Rejang Lebong

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sumba Timur Harus Rodis Marambadjawa mengapresiasi bantuan yang diberikan Kemensos.

“Bantuan Atensi yang diberikan dari Kemensos diharapkan membantu PPKS (Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial) agar mengembangkan potensi dan perekonomian masyarakat, ” ujar dia.

Salah satu penerima bantuan motor roda tiga, Wunnu Kilimandu (44), mengatakan bantuan yang diperoleh akan membantu mobilitasnya dalam berwirausaha.

Penyandang disabilitas fisik ini sehari-hari bertani untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dengan sayuran dan buah-buahan biasanya dijual kepada tetangga.

"Dengan motor roda tiga ini, saya bisa keliling dan dapat lebih banyak pelanggan," katanya.

Selain berjualan hasil panen, ia juga menerima jasa bengkel dan tambal ban keliling sehingga motor roda tiga akan membantu untuk aktivitas tersebut.

Pada penyerahan bantuan itu, turut hadir antara lain Sekretaris Daerah Sumba Timur Umbu Ngadu Ndamu.

Baca juga: Kemensos salurkan bantuan ATENSI Rp142 juta di Bengkulu Selatan
Baca juga: Kemensos berikan bantuan Atensi kepada 390 penerima manfaat di Tegal

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2023