Palangka Raya (ANTARA) - Sebanyak 101 calon haji kuota tambahan Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) diberangkatkan ke Madinah, Arab Saudi dari Bandara Syamsudin Noor Embarkasi Banjarmasin (BDJ), Kalimantan Selatan (Kalsel).

"JCH (Jamaah Calon Haji) tambahan asal Kalteng diberangkatkan dari Banjarmasin menuju Madinah bersama Kloter 18 BDJ pada 16 Juni 2023, pukul 18.15 Wita," kata Pelaksana Harian Kepala Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Kalteng Tuaini di Palangka Raya, Jumat.

Keberangkatan jamaah calon haji tambahan asal provinsi berjuluk "Bumi Tambun Bungai, Bumi Pancasila" ini, digabungkan dengan JCH dari Kabupaten Tanah laut, Kota Banjarmasin, Tapin, Hulu Sungai Utara, Banjarbaru dan Tabalong, serta Tanah Bumbu, Provinsi Kalsel.

Baca juga: JCH Embarkasi Batam tempuh jarak 4 km dari pemondokan-Masjidilharam

JCH tambahan asal Kalteng terdiri atas 20 orang dari Palangka Raya, 19 orang dari Kapuas, 14 orang dari Barito Utara, lima orang dari Barito Selatan, delapan orang dari Kotawaringin Timur, 16 orang dari Kotawaringin Barat, empat orang dari Lamandau, delapan orang dari Sukamara, dua orang dari Seruyan, satu orang Katingan, dan empat orang dari Barito Timur.

"Sama seperti kloter lainnya, Kloter 18 BDJ didampingi lima petugas haji yang terdiri dari ketua kloter, pembimbing ibadah, dokter Fithri dan perawat," kata Tuaini.

Dia mengatakan jamaah kuota tambahan ini akan mengenakan kain ihram mulai dari hotel di Madinah untuk memudahkan dan mempercepat mereka saat di Bir Ali.

"Semoga semua jamaah haji tambahan yang tiba di Madinah terlayani dengan baik seperti jamaah sebelumnya. Tak terkecuali mulai dari hotel hingga konsumsi dan transportasi," katanya.

Penambahan jamaah Kalteng ini dilakukan setelah Pemerintah Arab Saudi memberikan 8.000 kuota calon haji tambahan kepada Indonesia, sedangkan Kalteng mendapatkan tambahan 98 orang.

"Pelunasan kuota tambahan jamaah haji dimulai pada 8 Juni 2023 dan berakhir pada 12 Juni 2023 lalu," katanya.

Tuaini menjelaskan kuota jamaah calon haji Kalteng secara normal 1.612 orang. Dengan adanya kuota tambahan ini maka total mencapai 1.710 orang.

Baca juga: 39 calon haji Batang Jateng akan berangkat dalam Kloter Sapu Jagat
Baca juga: PPIH berbagi solusi bagi perempuan haid yang terhalang untuk tawaf
Baca juga: Ratusan jamaah calon haji Bima-NTB diterbangkan menuju Mekkah

Pewarta: Rendhik Andika
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2023