Embarkasi Batam nanti akan menempati sektor 4 syisyah
Batam (ANTARA) - Sebanyak 373 jamaah calon haji asal Kalimantan Barat tiba di Asrama Haji Embarkasi Hang Nadim Batam, Kepulauan Riau, Jumat.

Pembimbing Ibadah Haji Kalimantan Barat Mahmud Jayadi di Batam, Jumat mengatakan jamaah calon haji tersebut berasal dari 3 kabupaten yakni, Kabupaten Sambas, Kota Singkawang dan Kabupaten Landak.

Setibanya di Asrama Haji, jamaah calon haji melakukan pengecekan kesehatan tahapan terakhir sebelum akhirnya diberangkatkan ke Mekkah pada besok pagi.

"Cek kesehatan ini tahapan ketiga. Untuk memastikan mereka tetap baik-baik saja dan layak untuk terbang melaksanakan ibadah haji. Mereka sudah terdaftar di manifest dan di-input riwayat kesehatan masing-masing," ujar dia.

Kemudian jamaah calon haji juga mendapat biaya kehidupan (living cost) selama di Tanah Suci, menerima paspor dan pembagian gelang.

Baca juga: 101 calon haji tambahan Kalteng diberangkatkan
Baca juga: JCH Embarkasi Batam tempuh jarak 4 km dari pemondokan-Masjidilharam


Ia mengimbau kepada seluruh jamaah calon haji agar tetap menjaga kesehatan selama menjalankan rangkaian ibadah.

"Perjalanan kita ini cukup lama dan panjang. Jadi tetap ikuti prosedurnya sampai Jeddah. Gunakan waktu sebaik mungkin untuk istirahat," kata dia.

Berdasarkan jadwal, jamaah calon haji asal Kalbar akan diberangkatkan menuju Mekkah pada pukul 08.00 WIB.

Sebelumnya, jamaah calon haji Embarkasi Hang Nadim Batam menempuh jarak sekitar empat hingga lima kilometer dari pemondokan menuju ke Masjidil Haram, Mekkah.

Pembimbing Ibadah Haji Kalimantan Barat Mahmud Jayadi di Batam, Jumat mengatakan JCH Embarkasi Hang Nadim Batam menempati sektor 4 syisyah saat di Mekkah.

"Embarkasi Batam nanti akan menempati sektor 4 syisyah, jarak 4 sampai 5 kilometer dari pemondokan ke Masjidil Haram," kata Mahmud.

Baca juga: Ratusan jamaah calon haji Bima-NTB diterbangkan menuju Mekkah
Baca juga: Jamaah haji gelombang dua kuota tambahan transit di Madinah satu malam
Baca juga: Ratusan calon haji Sulut diberangkatkan ke Embarkasi Balikpapan


Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023