Beijing (ANTARA) - China meluncurkan rencana pertamanya dalam mengembangkan pertanian terlindung (protected agriculture) modern dengan merancang empat tugas utama bagi industri tersebut dalam jangka waktu 2023-2030.

Strategi yang dirilis Kementerian Pertanian dan Urusan Pedesaan China bersama tiga badan pemerintah lainnya itu menunjukkan bahwa pertanian terlindung modern harus hemat energi dan selaras dengan pengoperasian mesin, sedangkan peternakan akan didasarkan kepada pengembangan yang efisien nan intensif, kata Kementerian Pertanian pada Kamis (15/6).

Berdasarkan rencana tersebut, industri perikanan terutama akan fokus kepada akuakultur ekologis, sedangkan fasilitas logistik modern bakal menekankan penyimpanan, pengawetan, dan pengeringan produk-produk pertanian.

Rencana tersebut menekankan bahwa pada 2030, tingkat mekanisasi pertanian terlindung dan tingkat kontribusi kemajuan ilmiah dan teknologi untuk industri ini kemungkinan mencapai masing-masing 60 dan 70 persen, sedangkan basis-basis inovasi untuk pertanian terlindung modern sudah terbangun.

China berusaha memperkuat dukungan kebijakannya dan mengarahan modal sosial untuk aktif berinvestasi mengembangkan pertanian terlindung modern melalui sejumlah langkah, termasuk subsidi investasi dan obligasi khusus.

Pewarta: Xinhua
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2023