Hal ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan finansial klien korporat dan komersial di Indonesia dengan lebih baik
Jakarta (ANTARA) - Bank besar asal Thailand, KBank mengumumkan komitmen untuk memperluas jaringan dan konektivitas regional ASEAN Economic Community+3 (AEC+3) ke Indonesia.

"Hal ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan finansial klien korporat dan komersial di Indonesia dengan lebih baik," kata Executive Vice President of KBank Pattarapong Kanhasuwan dalam keterangan di Jakarta, Jumat.

Kawasan AEC+3, yang terdiri dari negara anggota ASEAN, China, Jepang, dan Korea Selatan, menghasilkan total produk domestik bruto (PDB) sebesar 27,7 triliun dolar AS, yang berkontribusi pada 27,6 persen dari PDB dunia. Hal ini membuat negara anggota AEC+ menawarkan peluang besar dalam bidang perbankan dan bisnis serta perdagangan lintas negara.

Memproyeksikan peluang tersebut, Pattarapong menyatakan KBank berekspansi secara agresif di kawasan AEC+3 dengan misi untuk memberikan akses pendanaan yang lebih baik dan keterhubungan regional kepada pelaku bisnis.

Investasi strategis pada Bank Maspion menjadi upaya terbaru KBank di Indonesia untuk memperluas keahlian regional, yang bertujuan untuk mendukung kebutuhan perbankan dari bisnis di Indonesia serta berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi nasional.

Selain status sebagai negara dengan populasi terbesar keempat di dunia, Indonesia memiliki jutaan usaha kecil dan menengah (UKM) dengan nilai potensi yang tinggi. KBank melihat kesempatan untuk mendukung UKM Indonesia, termasuk perusahaan besar, sehingga mereka dapat mengembangkan bisnis dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi regional.

Oleh karena itu, lanjut dia, KBank berupaya mendorong peningkatan kerja sama di kawasan ini, khususnya sesama pasar AEC+3. Kolaborasi dan integrasi yang lebih kuat pada akhirnya akan meningkatkan hubungan perdagangan, peningkatan arus investasi, dan distribusi pengetahuan dan sumber daya antar negara.

Menyadari peluang tersebut, KBank sebagai Regional Bank of Choice telah berkomitmen untuk berkontribusi dengan memberdayakan bisnis dan kebutuhan harian nasabah di kawasan AEC+3, dengan fokus di China, Vietnam, Indonesia, Kamboja, dan Laos.

KBank berkomitmen untuk memberdayakan bisnis Indonesia untuk mengeksplorasi peluang di AEC+3 dengan memperkenalkan beragam solusi keuangan untuk klien korporat dan komersial serta menyederhanakan transaksi bisnis untuk pelanggan Indonesia.

Untuk mencapai tujuan tersebut, KBank akan memanfaatkan pemahaman yang mendalam tentang pasar lokal di Thailand, China, Kamboja, Laos, dan Vietnam yang akan membantu bisnis Indonesia dalam menavigasi pasar baru dan menjangkau pelanggan di seluruh wilayah.

"Keunggulan KBank ini merupakan buah dari pengalaman KBank selama 77 tahun di Thailand, pengalaman melayani kebutuhan pelanggan korporasi dan komersial, serta konektivitas AEC+3," jelasnya.

Ia menuturkan KBank akan menggunakan keahlian tersebut untuk membantu bisnis Indonesia meraih peluang atas peningkatan perdagangan intra regional di Asia Tenggara dan meraih pertumbuhan lintas negara melalui temu bisnis, layanan konsultasi, serta fasilitasi perdagangan antara Thailand, Indonesia, dan negara AEC+3 lainnya.

Seiring dengan peningkatan jumlah bisnis yang terlibat dalam transaksi lintas negara, terdapat peningkatan kebutuhan akan keahlian dan infrastruktur regional untuk melancarkan dan menyukseskan perdagangan intra-regional.

Dengan memanfaatkan jaringan dan sumber daya AEC+3 KBank yang luas, perusahaan di Indonesia dan di seluruh wilayah dapat menyederhanakan proses pembayaran, menghemat biaya, dan menekan risiko keuangan.

Selain itu, Pattarapong menambahkan bahwa KBank berupaya mendukung pertumbuhan dan keberlanjutan bisnis Indonesia dengan layanan keuangan yang kuat, serta mendorong peran bisnis di Tanah Air sebagai penggerak ekonomi utama.

Pada akhirnya, sinergi antara bisnis di Indonesia, Bank Maspion, KBank, dan mitra AEC+3 akan memperkuat lanskap ekonomi Indonesia dan kawasan secara keseluruhan.

Baca juga: KBank berekspansi ke RI dukung pemerintah dorong inklusi keuangan

Baca juga: Bank Maspion perkuat UMKM pertahankan kinerja di tengah pandemi

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023