Jakarta (ANTARA) - KBank, salah satu penyedia jasa keuangan terkemuka asal Thailand, telah mengumumkan komitmennya untuk berekspansi ke Indonesia, sebagai salah satu dukungan terhadap pemerintah dalam mendorong inklusi keuangan.

Pengumuman ini menyusul akuisisi KBank pada Desember 2022 terhadap 67,5 persen saham Bank Maspion, yang memiliki lebih dari 50 kantor cabang utama dan cabang pembantu di seluruh Indonesia dengan total aset sebesar Rp14,96 triliun per Desember 2022.

“Sebagai pemegang saham mayoritas Bank Maspion, kami berkomitmen kuat untuk berkontribusi dan mendorong inklusi keuangan, yang merupakan salah satu faktor kunci yang dibutuhkan untuk kemajuan perekonomian Indonesia," ujar Wakil Presiden Eksekutif KBank Pattarapong Kanhasuwan dalam keterangan resmi di Jakarta, Kamis.

Ia mengungkapkan kemitraan ini menandai Merger and Acquisition (M&A) pertama KBank sebagai bagian dari strategi ekspansi grup di wilayah regional. Hal tersebut akan memungkinkan KBank untuk memperluas jaringan dan menawarkan layanan keuangan kepada lebih banyak pelanggan korporat dan individu di Indonesia, serta turut mendorong peningkatan inklusi keuangan.

KBank dengan pengalaman selama 77 tahun di bidang perbankan dan inovasi teknologi, berkomitmen untuk berkontribusi dalam memberikan akses produk keuangan yang lebih baik kepada pelanggan Indonesia.

Jaringan strategis dan pengalaman lokal Bank Maspion akan memungkinkan KBank menawarkan rangkaian solusi keuangan yang lebih inklusif untuk memenuhi beragam kebutuhan bisnis dan individu di Tanah Air.

"Kami bertujuan untuk memanfaatkan basis nasabah korporat kami yang kuat di Thailand dan jaringan regional untuk menyediakan berbagai solusi keuangan dan menciptakan peluang pertumbuhan bagi pelanggan di Indonesia dalam hal rantai nilai, perdagangan, dan investasi," tuturnya.

Selain itu, Pattarapong menegaskan pihaknya berkomitmen untuk mendukung Bank Maspion menjadi bank terbesar di Jawa Timur dan salah satu dari 20 bank terbesar di Indonesia berdasarkan portofolio pinjaman pada tahun 2027.

Untuk mencapai hal tersebut, KBank telah menetapkan strategi dengan menargetkan tiga segmen pelanggan Bank Maspion, yaitu usaha besar (korporasi), usaha menengah (komersial), dan pelanggan ritel.

Strategi ini mencakup bertindak sebagai sumber pendanaan utama untuk large local corporates (LLC) dan mendukung investasi asing, memberikan dukungan kepada usaha menengah dengan kemampuan teknologi KBank untuk meningkatkan manajemen keuangan mereka, dan memenuhi kebutuhan pelanggan saat ini dengan layanan perbankan digital seraya meningkatkan pengalaman pelanggan.

Ekspansi KBank, lanjut dia, juga didasarkan pada asas keberlanjutan. Untuk mendukung pengembangan bisnis yang ramah lingkungan, KBank memberikan lebih banyak pendanaan hijau, sejalan dengan komitmen Pemerintah Indonesia terhadap ekonomi hijau dan ekonomi inklusif, dengan tujuan untuk mencapai emisi nol bersih pada 2060.

“Indonesia merupakan pasar yang memiliki potensi pertumbuhan keuangan yang sangat menjanjikan. Kami sangat senang menjadi bagian dari upaya Indonesia dalam mencapai inklusi keuangan dengan memperluas keahlian dan jaringan perbankan regional kami yang kuat ke Indonesia,” tutup Pattarapong.

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023