Kabupaten Bogor (ANTARA) - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyatakan total realisasi kampanye nasional keuangan syariah di seluruh Indonesia mencapai 1.345 kegiatan.

Total realisasi kegiatan mencapai 1.345 kegiatan yang terdiri dari 742 kegiatan literasi, 265 kegiatan inklusi, dan 338 kegiatan sosial.

"Jumlah jangkauan pesertanya mencapai 3,05 juta orang.” kata Kepala Departemen Literasi, Inklusi Keuangan, dan Komunikasi OJK Aman Santosa dalam Puncak Acara Gebyar Ramadan Keuangan Syariah (GERAK Syariah) 2024 yang dipantau secara virtual, Jakarta, Kamis.

Adapun jumlah warga yang terinklusi mencapai 1,17 juta orang, lalu 93,76 ribu yang terlibat dalam kegiatan sosial, dan dana yang tersalurkan sebanyak Rp7,2 miliar.

“Sinergi ini tentunya sesuatu yang harus kita lakukan karena kita tidak bisa bekerja sendiri dan, ternyata banyak pihak-pihak yang punya keinginan yang sama untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan syariah,” ungkapnya.

GERAKS (GERAK Syariah) merupakan kampanye nasional keuangan syariah yang diselenggarakan selama bulan Ramadan dan dilaksanakan di 35 kantor OJK di seluruh Indonesia. Tujuan dari kampanye tersebut untuk mengakselerasi peningkatan literasi dan inklusi keuangan syariah.

Gerak Syariah ini menjadi program flagship (unggulan) OJK yang berkolaborasi dan bersinergi dengan berbagai pemangku kepentingan.

Mulai dari Pelaku Usaha Jasa Keuangan (PUJK) Syariah, Safe Regulatory Organization (SRO), Bank Indonesia, Komite Nasional dan Keuangan Syariah, Masyarakat Ekonomi Syariah (MES), Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah, Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah, Tokoh Penggerak Keuangan Syariah, akademisi dan media massa.

Kolaborasi ini melaksanakan berbagai kegiatan yang dikategorikan ke dalam dua kelompok, yaitu KOLAK sama KURMA.

KOLAK itu kajian dan obrolan seputar keuangan syariah yang meliputi kegiatan webinar, podcast, talk show, radio, dan edukasi di media sosial.

Adapun KURMA ialah kompetisi keuangan syariah di bulan Ramadhan yang terdiri dari lomba kultum, hadrah, reels edukasi, call for content, dan kuis mingguan di media sosial.

“Alhamdulillah. seluruh rangkaian acara tersebut terlaksana dengan baik, diikuti dengan antusiasme yang tinggi oleh para pihak dari OJK maupun para peserta lainnya dari kantor-kantor kita yang ada di daerah. Kami berharap upaya kolaborasi, penguatan literasi dan inklusi keunggulan syariah ini dapat terus kita lanjutkan ke depan dengan semakin erat, dan kita semua dimampukan untuk terus membawa kemanfaatan lebih banyak bagi masyarakat Indonesia,” ujar Aman.

Baca juga: OJK terus berupaya tingkatkan literasi dan inklusi keuangan syariah

Baca juga: RI konsisten jadikan keuangan syariah sebagai strategi pembangunan


Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2024