Dalam konteks pengembangan ekonomi dan keuangan syariah global, peran Indonesia telah mendapat berbagai pengakuan.....
Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden (Wapres) RI Ma'ruf Amin menyatakan bahwa Indonesia terus konsisten menjadikan kebijakan ekonomi dan keuangan syariah sebagai bauran strategi pembangunan nasional.

"Dalam konteks pengembangan ekonomi dan keuangan syariah global, peran Indonesia telah mendapat berbagai pengakuan, salah satunya, Indonesia dinilai terus konsisten menjadikan kebijakan ekonomi dan keuangan syariah sebagai bauran strategi pembangunan nasional," kata Wapres  Ma'ruf saat memberi sambutan pada pembukaan "Banten Halal Festival Ramadhan dari Banten untuk Dunia" di Menara Syariah, Pantai Indah Kapuk (PIK) 2, Kabupaten Tangerang, Banten, Selasa, dipantau dari kanal YouTube Sekretariat Wakil Presiden RI.

Wapres menuturkan bauran strategi tersebut bermakna penting bagi pembangunan nasional yang berkelanjutan dan berkeadilan.

"Tantangan pembangunan bukan semata soal meraih pertumbuhan ekonomi setinggi-tingginya, namun memastikan pertumbuhan yang diraih benar-benar mampu menafkahi masyarakat sampai lapisan paling bawah," katanya.

Baca juga: Komut BSI harap ada kebangkitan baru industri keuangan syariah

Oleh karena itu, Wapres mengatakan bahwa  ada tugas besar untuk melanjutkan pembangunan kesejahteraan yang berdampak nyata bagi masyarakat serta meningkatkan kontribusi Indonesia dalam pembangunan dunia, utamanya melalui sektor ekonomi dan keuangan syariah.

"Ke depan, keberlanjutan pengembangan ekonomi dan keuangan yang kontributif secara nasional mesti terus didorong, di antaranya dengan lebih membumikan bauran kebijakan dan program di tingkat wilayah, sehingga literasi dan partisipasi masyarakat semakin meningkat," ucap Wapres.

Untuk itu, ia menyambut baik setiap upaya positif pemerintah daerah (pemda) maupun Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) dalam memajukan ekonomi dan keuangan syariah.

"Melalui festival Ramadhan ini, saya harap ada hasil-hasil konkret, khususnya dalam peningkatan kontribusi industri halal dari Banten untuk dunia," ucap Ma'ruf.

Baca juga: Wapres: 3.500 laporan ke KY selama 2023 bukti besarnya harapan warga

Wapres menyatakan dalam menjawab tantangan pembangunan serta memajukan ekonomi dan keuangan syariah hingga ke tingkat global, Indonesia mesti terus memperkuat peran sebagai pemain kunci dalam perdagangan produk halal dunia dan Banten berpotensi besar untuk turut ambil bagian.

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024